SKRIPSI PGMI
Penerapan Model Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Melalui Group Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di Kelas V MI Ma'ahidul Huda Banjaran Kecamatan Salem Kabupaten Brebes
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan
metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisis data
kualitatif model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian ini menyimpulkan: (1) penerapan model PAKEM melalui
group learning pada mata pelajaran Akidah akhlak di kelas v MI Ma’ahidul Huda
Banjaran Kecamatan Salem Kabupaten Brebes meliputi: tahap perencanaan, tahap
persiapan, tahap proses, tahap evaluasi. (2) faktor pendukung dan penghambat
penerapan model PAKEM melalui group learning pada mata pelajaran Aqidah
akhlak di kelas v MI Ma’ahidul Huda Banjaran Kecamatan Salem Kabupaten
Brebes, diantaranya adalah: (a) faktor pendukung, meliputi: tenaga pendidik atau
sumber daya manusia, kesiapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. (b)
Faktor penghambat, meliputi: guru yang kurang maksimal dalam menggunakan
strategi PAKEM, sarana dan prasarana, dan peserta didik yang pasif/kurang aktif.
22SK2223011.00 | SK PGMI 22.011 MAU p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain