SKRIPSI PGMI
Upaya Guru dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri dan Keterampilan Berkomunikasi Siswa di Sekolah Dasar Islam 02 Kota Pekalongan
Dari hasil penelitian ini ditemukan upaya guru dalam mengembangkan kepercayaan diri dan keterampilan berkomunikasi siswa di Sekolah Dasar Islam 02 Kota Pekalongan melalui metode diskusi dimana metode diskusi ini dilakukan guru dengan cara guru membagi kelompok yang terdiri dari 4-5 orang, guru menyajikan permasalahan secara umum, kemudian masalah tersebut dibagi-bagi ke dalam sub masalah yang harus dipecahkan oleh setiap kelompok. Guru memberikan apresiasi atau pujian kepada siswa berupa tepuk tangan, kata-kata hebat, pintar, bagus, dan kata lainnya yang membangun semangat siswa. Dan juga guru eminimalisir punishment, dimana apabila ada siswa yang melakukan kesalahan guru hanya menegur dengan peringatan secara lisan berupa nasehat, dan pemberian sanksi poin minus. Setelah upaya guru tersebut terpenuhi adapun faktor penghambat guru dalam mengembangkan kepercayaan diri dan keterampilan berkomunikasi siswa yaitu sifat pemalu siswa dan mental yang rendah sehingga sulit mendapat teman, lalu teman sebaya yang mengganggu sehingga siswa makin tidak percaya diri dan enggan berkomunikasi dengan teman yang lainnya, serta penggunaan bahasa daerah yang salah satu siswa tidak bisa menguasi bahasa daerah tersebut sehingga membuat siswa tidak “Pede” ketika hendak berkomunikasi dengan guru atau teman di lingkungan sekolahnya. Adapun juga faktor pendukungnya adalah berupa semangat siswa dengan kondisi siswa yang mempunyai semangat tinggi untuk mengikuti pembelajaran di kelas maka akan mudah untuk mencapai keberhasilan, serta dukungan sekolah dan orangtua sarana ketersediaan saran dan prasarana yang cukup untuk siswa dan juga orang tua yang mendukung sangat menunjang keberhasilan anak dalam kegiatan pembelajaran.
22SK2223004.00 | SK PGMI 22.004 TAM u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain