SKRIPSI PGMI
Strategi Guru dalam Mengembangkan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Kelas III MI Assalam Pagumenganmas Pekalongan
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Sumber data primer dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru kelas III, peserta didik kelas III, orang tua. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari dokumen-dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahap yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian strategi guru kelas III sudah melakukan upaya untuk meningkatkan karakter tanggung jawab. Indikator yang sudah dikembangkan yaitu mengoreksi tugas siswa satu persatu, mengatasi siswa yang tidak disiplin, ajak siswa berdiskusi. Sedangkan indikator yang belum dikembangkan secara maksimal yaitu pembelajaran tentang adab bergaul, dengan berdiskusi dan bisa menggunakan buku cerita atau media lain. Faktor pendukung yaitu guru terlibat
langsung dengan siswa dan kekompakan guru, adanya kekompakan dari
masyarakat sekitar, dan adanya kesadaran dari siswa. Faktor penghambatnya yaitu
orang tua kelas III dan kurangnya minta kesadaran siswa kelas III
22SK2223002.00 | SK PGMI 22.002 HAS s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain