SKRIPSI PAI
Strategi Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits Kelas VII di MTs Wahid Hasyim Warungasem Kabupaten Batang
Kata Kunci: Strategi, Guru, Memotivasi, Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits
Al-Qur’an Hadits merupakan pelajaran agama yang paling penting untuk senantiasa dipelajari dan diamalkan sebagai pedoman hidupumat manusia. Sudah semestinya Al-Qur’an dan Hadis dijadikan sebagai sumber ilmu dan pedoman hidup umat manusia dalam menjalani kehidupannya. Tantangan yang dihadapi seorang guru Al-Qur’an Hadits sangat bervariasi, meliputi: siswa cenderung cepat bosan mendengarkan uraian materi pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang monoton dan tidak menyenangkan. Oleh sebab itu seorang guru harus mempunyai strategi didalam mengajar yang bervariasi supaya siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran dengan semangat yang tinggi.
Dalam penelitian ini penulis akan merumuskan masalah sebagai berikut 1) Bagaimana strategi guru dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII di MTs Wahid Hasyim Warungasem Kabupaten Batang?, 2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat strategi guru dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII di MTs Wahid Hasyim Warungasem Kabupaten Batang?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru dalam memotivasi elajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang ada di MTs Wahid Hasyim Warungasem Kabupaten Batang adalah, Strategi Membaca, Strategi Bercerita, Strategi Berdiskusi, Strategi Pemberian Tugas. Untuk faktor pendukung strategi guru dalam memotivasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VII di MTs Wahid Hasyim Warungasem Kabupaten Batang dapat mempermudah proses pembelajaran Al-qur’an Hadits, adapun faktor penghambat dari pihak seorang guru sudah mempunyai solusi untuk menangani hal tersebut supaya tidak mengganggu proses pembelajaran.
22SK2221141.00 | SK PAI 22.141 APR s | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain