SKRIPSI PAI
Problematika Siswa Dalam Penggunaan Microsoft Teams Pada Pembelajaran PAI-BP Kelas XI SMK N 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang
Kata Kunci: problematika siswa, microsoft teams, dan upaya guru.
Pandemi memberi dampak pada berbagai sisi, salah satunya dari sisi pendidikan. Pembelajaran yang biasanya dilaksanakan secara langsung berubah menjadi sistem pembelajaran jarak jauh atau daring. Hal ini, menimbulkan beberapa perubahan dan juga problematika dari stekhoulder pembelajaran seperti pada siswa maupun guru. Perubahan yang paling terasa adalah suasana pembelajaran yang biasanya dilaksankan secara langsung kini beralih menggunakan media pembelajaran seperti Microsoft Teams. Microsoft Teams dinilai sebagai aplikasi yang efektif karena memiliki berbagai fitur menarik. Namun penggunaan aplikasi ini tidak semudah seperti pada penggunaan aplikasi lainnya,perlu adanya kerja sama yang baik dari semua warga sekolah dan dibutuhkannya fasilitas yang menunjangapliaksi ini. Hal tersebut lah yang menimbulkan beberapa kendala atau problematika khusunya dari siswa kelas XI pada pembelajaran PAI-BP ketika menggunakan microsoft teams.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka permasalahan diambil dalam penelitian ini adalah adalah apa saja problematika siswa dalam penggunaan Microsoft Teams pada pembelajaran PAI-BP menurut Kelas XI SMK N 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang serta apa saja upaya guru dalam menyelesaikan problematika tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metodepengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunkan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dari hasil pengumpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa problematika siswa dalam penggunaan microsoft teams pada pembelajaran PAI-BP menurut siswa kelas XI adalah kesulitan dalam mengoprasikan Microsoft Teams, sarana dan prasarana yang kurang menunjang, jaringan internet yang sulit diakses, siswa yang pasif selama pembelajaran, dan siswa yang sulit memahami materi yang dibagikan oleh guru. Upaya yang dilakukan oleh guru SMK N 1 Ampelgading adalah dengan meningkatkan kompetensi pedagogik guru, di adakannya pelatihan dalam penggunaan Microsoft Teams, penyediaan fasilitas dan pendampingan selama menggunakan Microsoft Teams, penggunaan metode yang bervariasi, dan pemberian motivasi pada siswa.
22SK2221135.00 | SK PAI 22.135 MUF p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain