SKRIPSI PAI
Implikasi Pandemi Covid-19 Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan
Kata kunci: Pandemi Covid-19, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP).
Pandemi Covid-19 dianggap sebagai permasalahan kesehatan yang cukup besar di dunia. Akibat dari hal tersebut akhirnya banyak negara kemudian memutuskan untuk melakukan penutupan sekolah, universitas dan perguruan tinggi. Seluruh bagian sekolah dituntut untuk bekerja lebih aktif untuk mencapai efisiensi dalam proses belajar mengajar, terlebih dalam pembelajaran pada masa pandemi Covid-19 yang mengharuskan untuk belajar secara daring. Maka dibutuhkan strategi, model dan metode yang tepat dari seorang pendidik agar proses pembelajaran dapat berjalan efektif. Melihat kondisi yang demikian maka terdapat dampak dalam proses pembelajaran PAI BP selama dilakukan secara daring. Hal ini yang mendorong peneliti untuk melakukan penelitian mengenai Implikasi Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAI BP) di SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan? dan bagaimana implikasi pandemi Covid-19 terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan dan mendeskripsikan implikasi pandemi Covid-19 terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian adalah dua orang Guru Mata Pelajaran PAI BP di SMP Negeri 2 Kajen, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Bidang Kesiswaan, dan Bidang Sarana dan Prasarana, serta beberapa sampel Siswa kelas 7, 8 dan 9 SMP Negeri 2 Kajen Kabupaten Pekalongan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode wawancara, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data yang di gunakan berupa reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini yaitu bahwa Pembelajaran PAI BP pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Kajen dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi Whatssapp dan Google Classroom. Metode yang digunakan oleh guru Mata Pelajaran PAI BP dalam pembelajaran daring cukup bervariasi. Implikasi atau dampak pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran PAI BP di SMP Negeri 2 Kajen terbagi menjadi dua, yaitu dampak positif dan dampak negatif. Dampak positifnya adalah para pendidik dan peserta didik lebih menguasai Ilmu Teknologi, dampak positif bagi siswa menjadikan belajar lebih mandiri, Sedangkan dampak negatifnya adalah pembelajaran PAI BP di masa pandemi berpengaruh terhadap pemahaman siswa dalam menyerap materi pembelajaran, banyak peserta didik yang menyalahgunakan fungsi teknologi. Dampak yang terakhir adalah berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa yang mana prestasi belajar siswa mengalami penurunan. Sedangkan dampak pandemi Covid-19 terhadap metode pembelajaran PAI BP yaitu pembelajaran yang berpusat pada peserta didik sulit untuk direalisaksikan secara menyeluruh. Sedangkan dampak terhadap evaluasi pembelajaran PAI BP yaitu dalam melakukan penilaian terhadap siswa mengalami berbagai kendala, dikarenakan pembelajaran yang menggunakan media elektronik, terdapat beberapa siswa yang belum bisa menggunakan aplikasi pembelajaran, serta belum meratanya alat komunikasi seperti handphone yang dimiliki siswa.
22SK2221125.00 | SK PAI 22.125 MIR i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain