SKRIPSI PAI
Upaya Pengembangan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Peserta Didik di SMA N 1 Kersana Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes
Kata Kunci : Pengembangan, Kecerdasan emosional, Kecerdasan spiritual.
Mengembangkan kecerdasan baik kecerdasan emosional maupun kecerdasan spiritual dapat dilakukan dengan berbagai upaya. Selain dari diri sendiri ada faktor luar juga yang dapat menjadi faktor terhadap keberhasilan untuk mengembangkannya. Adapun faktornya yaitu dorongan dari guru di sekolah, orang tua, atau bahkan masyarakat di lingkungan. Dengan latar belakang anak yang berbeda akan mempengaruhi juga terhadap kecerdasan emosional dan spiritual. Sebagai pendidik guru juga berperan penting untuk bisa meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual anak.
Berdasarkan latar belakang di atas, mengambil rumusan masalah (1) Bagaimana upaya pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik di SMA N 1 Kersana Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes, (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik di SMA N 1 Kersana Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes. Adapun tuuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana upaya pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik di SMA N 1 Kersana, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya pengembangan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik di SMA N 1 Kersana.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Kersana Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik di SMA N 1 Kersana yaitu dengan dilakukannya berbagai kegiatan diantaranya yaitu kerja kelompok, organisasi kelas, praktik agama, mujahadah, pembacaan doa sebelum dan sesudah pembelajaran, BTQ, infaq, shalat dhuha berjama’ah dan pembacaan asma’ul husna, shalat jum’at berjamaah dan peringatan hari besar islam. Dengan melaksanakan kegiatan tersebut dapat mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual peserta didik dibuktikan dengan perilaku peserta didik yang menjadi lebih baik di lingkungan sekolah mauoun di lingkungan masyarakat.
22SK2221124.00 | SK PAI 22.124 IST u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain