SKRIPSI PAI
Peran Guru PAI Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Antar Umat Beragama Siswa SMP Negeri 3 Batang Kabupaten Batang
Kata Kunci: Peran Guru PAI, Sikap Toleransi
Indonesia adalah negara yang memiliki berbagai macam suku, budaya juga komunitas umat beragama akibatnya, Indonesia akan sangat rentan dengan konflik yang bernuansa agama yang salah satunya disebabkan oleh adanya perilaku eksklusif dari umat beragama maka dari itu toleransi anga diperlukan. Agar transformasi nilai-nilai Islam berjalan sesuai dengan tujuan dari pendidikan Islam maka diperlukan guru sebagai pendidik yang memberikan peranan penting dalam proses pembelajaran.
Permasalahan yang akan diungkap adalah bagaimanakah peran guru PAI dalam menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama siswa SMP Negeri 3 Batang kabupaten Batang. Kemudian apa saja hambatan dan bagaimana solusi dalam menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama siswa SMP Negeri 3 Batang kabupaten Batang. Kegunaan dari penelitian ini adalah adalah untuk memberikan deskripsi peran guru PAI dalam menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama siswa SMP Negeri 3 Batang kabupaten Batang. Untuk mendeskripsikan hambatan dan solusi dalam menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama siswa SMP Negeri 3 Batang kabupaten Batang.
Jenis penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif, fokus pendekatannya sosiologi pendidikan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui proses reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verivikasi.
Hasil penelitian peran guru PAI dalam menumbuhkan sikap toleransi antar umat beragama siswa SMP Negeri 3 Batang adalah: membina hubungan baik dengan siswa baik muslim maupun non muslim, tidak membeda-bedakan siswa, melakukan pendekatan emosional dengan siswa, memasukkan materi toleransi pada mata pelajaran PAI, memberikan contoh nyata sikap toleransi kepada siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas, menciptakan suasana kedamaian, dan menjalin rasa persaudaraan antara guru dengan siswa. Kemudian hambatannya adalah: materi toleransi yang belum tersebar di kelas 7 dan 8, siswa non muslim yang belum bisa beradaptasi karena merasa minoritas ketika awal-awal masuk SMP Negeri 3 Batang, siswa yang terlalu banyak melihat hal-hal baru melalui gadget/handphone, miss komunikasi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru tentang pemahaman toleransi. Solusinya: memperkaya wawasan guru dan siswa dengan mengikuti kegiatan pelatihan atau seminar tentang toleransi, mengikutsertakan semua siswa kedalam kegiatan-kegiatan dan perayaan hari besar agama, memberikan fasilitas bagi siswa non muslim, memberikan rekomendasi tontonan atau channel youtube yang baik kepada siswa tentng toleransi dan membentuk sebuah tim antara guru, siswaan dan BK untuk mengantisipasi dan mengatasi kendala atau hambatan yang terjadi berkaitan dengan intoleransi.
22SK2221123.00 | SK PAI 22.123 KHO p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain