SKRIPSI PAI
Pengaruh Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri Kelas IV Madrasah Diniyah Al Anwar Dukuh Centuko Desa Tombo Kecamatan Bandar Kabupaten Batang
Kata Kunci : Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Membaca Al-Qur’an memiliki manfaat tersendiri bagi para pembacanya, selain itu juga Allah memberikan pahala bagi siapa saja yang membaca Al-Qur’an. Untuk dapat memahami isi bacaan Al-Qur’an diperlukan cara membaca yang benar yang sesuai dengan kaidah yang berlaku, dalam hal ini yakni ilmu tajwid. Madrasah Diniyah sebagai salah satu lembaga pendidikan nonformal yang menjadi salah satu bagian penting dalam mengajarkan ilmu tajwid pada santrinya sejak dini dengan harapan kelak akan berdampak pada kebiasaan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Diniyah Al Anwar dengan sampel kelas IV yang berjumlah 11 anak dengan variabel bebas (Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan) dan Variabel terikat (Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Pengaruh Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Kelas IV Madrasah Diniyah Al Anwar Dukuh Centuko Desa Tombo Kecamatan Bandar Kabupaten Batang?, 2) Seberapa Besar Pengaruh Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Kelas IV Madrasah Diniyah Al Anwar Dukuh Centuko Desa Tombo Kecamatan Bandar Kabupaten Batang?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Kelas IV Madrasah Diniyah Al Anwar Dukuh Centuko Desa Tombo Kecamatan Bandar Kabupaten Batang, 2) Untuk Mengetahui Seberapa Besar Pengaruh Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Kelas IV Madrasah Diniyah Al Anwar Dukuh Centuko Desa Tombo Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Kegunaan dari penelitian ini adalah 1) kegunaan teoritis, yaitu bagi peneliti, bagi madrasah, bagi wali murid, dan 2) kegunaan praktis, yaitu bagi peneliti, bagi madrasah dan bagi wali murid.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan korelasi (correlational research). Sedangkan untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, kuesioner (angket), dan dokumentasi. Sementara itu untuk uji instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Kemudian untuk teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji linearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji hipotesis yang terdiri dari analisis regresi sederhana, koefisien determinasi dan uji signifikansi.
Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri. Hasil perhitungan yang dilakukan peneliti diperoleh thitung 5,273 > ttabel 2,262 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 di tolak dan H1 diterima, yang berarti bahwa ada Pembelajaran Kitab Hidayatus Shibyan terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri. Adapun R Square (R2) adalah 0,767 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) sebesar 75,5%, sedangkan 24,5% dipengaruh oleh variabel yang lain.
22SK2221112.00 | SK PAI 22.112 KHO p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain