SKRIPSI PAI
Implementasi Strategi Pembelajaran Kitab Adabu Ta'lim Wal Muta'alim Sebagai Upaya Peningkatan Kognitif Santri di Pondok Pesantren Al-Utsmani Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Kitab Adabu Ta’lim Wal Muta’allim, Kognitif Santri
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh wawancara dan observasi yang dilakukan di pondok pesantren Al Utsmani. Dimana pelaksanaan pembelajaran di pondok utsmani telah menerapkan strategi pembelajaran yang ada dalam Kitab Adabu Ta’lim Wal Muta’allim. Guru menerapkan berbagai metode untuk memaksimalkan pembelajaran di kelas. Santri merutinkan kegiatan syawir Namun dalam pelaksanaannya masih belum berjalan maksimal. Hal ini disebabkan baik dari santrinya dan juga ustad yang mengajar.
Adapun permasalahan yang dipaparkan dalam penelitian ini diantaranya: Pertama, Bagaimana implementasi strategi pembelajaran Kitab Adabu Ta’lim wal Muta’allim sebagai upaya peningkatan kognitif santri di Pondok Pesantren al Utsmani Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Kedua, apa kekurangan dan kelebihan dari implementasi strategi pembelajaran Kitab Adabu Ta’lim wal Muta’allim di Pondok Pesantren al Utsmani Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui implementasi strategi pembelajaran Kitab Adabu Ta’lim Wal Muta’allim sebagai upaya peningkatan kognitif santri di Pondok Pesantren al Utsmani Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan, serta mengetahui kelebihan dan kekurangan dari implementasi strategi pembelajaran Kitab Adabu Ta’lim Wal Muta’allim di Pondok Pesantren al Utsmani Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan
Penelitian ini menggunakan penelitian Field Research atau penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan deskripsi kualitatif.
Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil baik dari ustadz dan santri telah menerapkan strategi pembelajaran dalam Kitab Adabu Ta’lim Muta’allim. Guru menerapkan strategi berupa metode yang bervariasi, seperti lalaran, bayyin, bernyanyi. Santri menerapkan strategi pembelajaran syawir setiap malam hari. Pelaksanaan strategi pembelajaraan masih terdapat kekurangan sehingga memerlukan berbagai perbaikan dari ustadz dan santri sehingga bisa lebih baik di kemudian hari.
22SK2221110.00 | SK PAI 22.110 AFI i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain