SKRIPSI PAI
Motivasi Harapan Orang Tua Dalam Memilih Pondok Pesantren Nurut Taufiqy Pakis Putih Kecamatan Kedungwuni Pekalongan
Kata Kunci : Harapan Orang tua, Motivasi, Pondok pesantren
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Motivasi dan Harapan Orang tua dalam Memilih Pondok Pesantren Nurut Taufiqy Kecamatan Kedungwuni Pekalongan merupakan salah satu pondok salafy di daerah kedungwuni. Motivasi dan harapan yang orang tua lakukan kepada anaknya agar nanti setelah menyelesaikan dipondok pesantren bisa berguna bagi masyarakat. Berkaitan dengan latar belakang orang tua memondokkan anaknya dipondok pesantren Nurut Taufiqy beragam alasan-alasan yang melatar belakanginya.
Rumusan Masalah dalam Penelitian ini yaitu Apa latar belakang orang tua dalam memilih Pondok Pesantren Nurut Taufiqy Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan, Bagaimana bentuk motivasi orang tua dalam memilih pendidikan pondok pesantren Nurut Taufiqy Pakis Putih yang di berikan kepada anaknya, Apakah harapan orang tua didalam memilih pondok pesantren Nurut Taufqiy dapat terpenuhi atau tidak. Tujuan Untuk mengetahui latar belakang orang tua dalam memilih Pondok Pesantren Nurut Taufiqy Pakis Putih Kedungwuni Pekalongan. Untuk mengetahui bentuk motivasi apa saja yang dilakukan orang tua kepada anaknya. Untuk mengetahui harapan orang tua didalam memilih Pondok Pesantren Nurut Taufiqy dapat terpenuhi atau tidak. Kegunaan penelitian ini secara teoritis berguna bagi ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan motivasi dan harapan orang tua.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. pengumpulan data melalui teknik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analis interaktif dengan mengacu pada teori Milles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua sangat penting dalam menciptakan semangat belajar anak dalam mencari ilmu. Dengan dorongan dan motivasi orang tua, menjadikan anak bisa melakukan kegiatan belajar yang maksimal. Dengan begitu anak bisa menciptakan harapan yang orang tua inginkan terhadap anaknya setelah selesai belajar dipondok pesantren. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar anak yakni seperti keterbatasan kecerdasan terhadap pemahaman materi pembelajaran, bakat terhadap suatu keahlian yang bisa mengganggu mata pelajarn lain, minat terhadap mata pelajaran, kesehatan jasmani yang mendukung.
22SK2221107.00 | SK PAI 22.107 NAJ m | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain