SKRIPSI PAI
Peran Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memberikan Keteladanan Moral Pada Siswa SMP Negeri 1 Talun Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci : Kompetensi Kepribadian, Guru PAI, Moral
Peran Kompetensi Kepribadian merupakan salah satu kompetensi yang memiliki peran penting dalam keteladanan moral siswa. Dalam hal ini guru dituntut untuk memiliki kompetensi tersebut dengan baik karena guru merupakan sosok digugu dan ditiru oleh siswa. Apalagi guru Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan observasi awal peneliti, di SMP Negeri 1 Talun Pekalongan siswa terlihat memiliki moral yang cukup baik meliputi sopan santun, ramah, senang menyapa, dan disiplin. Meskipun begitu, terdapat beberapa siswa yang terlambat ke sekolah dan mencontek.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Talun, peran kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dalam memberikan keteladanan moral siswa SMP Negeri 1 Talun Pekalongan, serta faktor pendukung dan penghambat peran kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam dalam memberikan keteladanan moral siswa SMP Negeri 1 Talun Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode Milles dan Huberman, melalui tiga langkah utama yaitu: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Talun Pekalongan memiliki peran untuk memberikan keteladanan moral siswa SMP Negeri 1 Talun Pekalongan. Hal tersebut, diwujudkan melalui dua bentuk keteladanan: a) keteladanan perilaku yang mencakup tanggungjawab, akhlak mulia serta toleransi. b) keteladanan ucapan yang mencakup bahasa yang digunakan ketika berkomunikasi. Dengan demikian, siswa SMP Negeri 1 Talun mempunyai moral moral hormat, tanggungjawab, jujur, disiplin, tolong menolong, peduli sesama, kerjasama serta toleransi. (2) Faktor pendukung dalam keteladanan moral siswa SMP Negeri 1 Talun Pekalongan: a) lingkungan sekolah mencakup adanya dukungan positif dari kepala sekolah, para guru serta pegawai terhadap guru Pendidikan Agama Islam, dan adanya sarana prasarana yang memadai di SMP Negeri 1 Talun. b) lingkungan masyarakat pedesaan sekitar SMP Negeri 1 Talun yang masih kental akan tata krama dan sopan santun. Adapun faktor penghambatnya: a) pergaulan siswa SMP Negeri 1 Talun di luar sekolah yang tidak dapat diawasi oleh guru Pendidikan Agama Islam. b) lingkungan keluarga siswa SMP Negeri 1 Talun yang berbeda-beda.
22SK2221106.00 | SK PAI 22.106 AIS p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain