SKRIPSI PAI
Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 3 Bojong Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Pergaulan Teman Sebaya, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.
Pergaulan kelompok teman sebaya adalah hubungan interaksi sosial yang muncul karena individu-individu yang terkumpul dalam suatu kelompok didasarkan pada kesetaraan usia, status sosial, kebutuhan serta minat sehingga seiring berjalannya waktu akan membentuk pertemanan atau persahabatan yang biasanya tejadi pada masa remaja. Dalam masa remaja, mereka lebih sering menghabiskan waktunya bersama dengan teman-teman sebayanya, sehingga secara tidak sadar bergaul dengan teman sebaya nya dapat merubah perkembangan sikap dan perilaku belajar mereka yang dapat memberikan hasil yang baik ataupun buruk. Karena perilaku belajar yang baik sangat penting dalam mengikuti pelajaran di kelas untuk mencapai hasil belajar yang diinginkan. Pelajaran Pendidikan Agama Islam yang dipelajari disekolah memegang peranan yang sangat penting dalam pemahaman siswa, sehingga setelah siswa mengetahui dan memahami materi yang diberikan, siswa dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata. Dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, hasil belajar akan digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan siswa setelah mereka mengikuti pembelajaran pendidikan Agama Islam di sekolah
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimana pergaulan teman sebaya yang terjadi pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Bojong Kabupaten Pekalongan, (2) bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Bojong Kabupaten Pekalongan, (3) apakah terdapat pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Bojong Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kuantitatif yang berlokasi di SMP Negeri 3 Bojong Kabupaten Pekalongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuesioner (angket) dan dokumentasi. Uji instrument dalam penelitian ini, meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier sederhana, uji t dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara pergaulan teman sepermainan terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Bojong Kabupaten Pekalongan. Dari hasil analisis menggunakan rumus regresi linier sederhana diperoleh t hitung = 9,710. Pada taraf signifikansi 5% diperoleh nilai t tabel =1,999. Dikarenakan t hitung (9,710) > dan t tabel (1,999), maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain variabel X independent (pergaulan teman sebaya) berpengaruh terhadap variabel Y (hasil belajar Pendidikan Agama Islam). Berdasarkan perhitungan dengan program SPSS versi 22 diperoleh nilai koefisien determinasi (R2) yang ditunjukkan pada R Square yaitu 0,603 atau sebesar 60,3%. Hal ini berarti bahwa pengaruh yang diberikan oleh variabel pergaulan teman sebaya terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Bojong Kabupaten Pekalongan adalah sebesar 60,3%. sedangkan sisanya sebesar 39,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
22SK2221101.00 | SK PAI 22.101 JAN p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain