SKRIPSI PAI
Strategi Pembelajaran Dalam Mewujudkan Kualitas Pembelajaran Fiqih di SMP Salafiyah Kauman Pekalongan
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Fiqih, Pembelajaran Berkualitas
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan peneliti pada sistem pembelajaran fiqih yang dilaksanakan di SMP Salafiyah Kauman Pekalongan. Sekolah yang menganut dua kurikulum ini memiliki keunikan tersendiri, pasalnya ada perpaduan sistem pembelajaran yang ada di SMP Salafiyah Pekalongan ini. Termasuk juga mata pelajaran yang sangat vital sekali untuk bekal kehidupan umat muslim, yakni pelajaran fiqih yang mana di SMP Salafiyah Pekalongan pelajaran ini tergolong ke dalam pelajaran muatan lokal. Kualitas pembelajaran menjadi penentu mutu kualitas suatu pendidikan. Kualitas pembelajaran bisa maksimal jika didukung oleh kompetensi pendidik dan peserta didik yang berkualitas.
Adapun permasalahan yang dipaparkan dalam penelitian ini diantaranya: pertama, Bagaimana Strategi Pembelajaran fiqih dalam Mewujudkan Kualitas Pembelajaran di SMP Salafiyah Kauman Pekalongan. Kedua, Bagaimana Kendala Yang Dihadapi Guru fiqih dalam Menerapkan Strategi Pembelajaran Untuk Mewujudkan Kualitas Pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini yaitu mengetahui Strategi Pembelajaran Fiqih dalam Mewujudkan Kualitas Pembelajaran Di SMP Salafiyah Kauman Pekalongan serta mengetahui Kendala Yang Dihadapi Guru fiqih dalam Menerapkan Strategi Pembelajaran Untuk Mewujudkan Kualitas Pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan penelitian field research atau penelitian lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan deskripsi kualitatif.
Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan kualitas pembelajaran dalam pelajaran fiqih di SMP Salafiyah Kauman Pekalongan sudah terwujud dengan bagus. Antusias siswa mengikuti pelajaran fiqih sangat baik sekali dan penerapan metode maupun media belajar guru yang mendukung dalam mewujudkan pembelajaran berkualitas. Strategi pembelajaran yang digunakan guru fiqih dalam mewujudkan kualitas pembelajaran di SMP Salafiyah Kauman Pekalongan ialah strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran kontekstual dan strategi pembelajaran aktif dengan dikombinasikan metode pembelajaran khas pesantren seperti metode ceramah, metode demonstrasi, serta diskusi dan tanya jawab.Adapun didalam penerapan strategi pembelajarannya guru fiqih mengalami beberapa kendala diantaranya seperti latar belakang peserta didik yang berbeda-beda, serta terbatasnya waktu pembelajaran.
22SK2221091.00 | SK PAI 22.091 MUC s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain