SKRIPSI PAI
Strategi Pembinaan Kepribadian Qur'ani Penerima Beasiswa Bidikmisi IAIN Pekalongan Melalui Tradisi 'Wajib Mondok Satu Tahun' di Pondok Pesantren Az-Zabur Kajen Tahun 2021
Kata kunci: Stategi Pembinaan, Kepribadian Qur’ani, Pondok Pesantren
Kepribadian Qur’ani adalah kepribadian yang seluruh kehidupannya dijalankan dengan nilai-nilai Islam, bertingkah laku Islam, cara berpikir hidup Islam, bersyakhsiyah Islam dan mengamalkan Islam secara sempurna didalam diri. Mahasiswa patutnya menjadi figur tauladan kepribadian yang baik, berasaskan dengan pengetahuannya, dengan kualitas pendidikannya, aturan-aturan hukum yang terterap disekitarnya, dan kerangka berpikirnya. Berkaitan dengan kepribadian, peneliti tertarik meneliti pembinaan kepribadian para mahasantri penerima beasiswa bidikmisi IAIN Pekalongan melalui tradisi wajib mondok satu tahun, mengingat betapa pentingnya kepribadian yang berasaskan al-qur’an dalam perkembangan masyarakat di setiap perubahan masa. Peneliti ingin mengetahui lebih dalam banyaknya mahasiswa yang justru memiliki kepribadian buruk dengan melakukan tindak kecurangan akademik antara lain meliputi: masih sering bolos atau absen, terlambat masuk kelas, tidak memperhatikan dosen saat mengajar, tidur dikelas, bermain hp, bahkan tidak mengerjakan tugas yang telah dosen berikan.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana strategi pembinaan kepribadian qur’ani mahasiswa beasiswa bidikmisi IAIN Pekalongan melalui tradisi ‘wajib mondok satu tahun’ di Pondok Pesantren Az-zabur Kajen tahun 2021 dan apa saja faktor yang mempengaruhi pembinaan kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi pembinaan kepribadian qur’ani mahasiswa beasiswa bidikmisi IAIN Pekalongan melalui tradisi ‘wajib mondok satu tahun’ di Pondok Pesantren Az-zabur Kajen tahun 2021 serta mendiskripsikan faktor penghambat dan penunjang yang mempengaruhi pembinaan kepribadian di Pondok Pesantren.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu digunakan untuk meneliti kondisi yang obyektif dan alamiah sehingga diperoleh hasil yang menekankan makna dari obyek yang dikaji. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis non-statistik yakni dalam bentuk laporan dan uraian deskriptif atau biasa disebut dengan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah bentuk Strategi pembinaan kepribadian Qur’ani pada santri di Pondok Pesantren Az-zabur Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan melalui pembiasaan, keteladan, nasihat, hukuman, dan penghargaan. Adapun kegiatan pembiasaan seperti shalat berjamaah di Masjid Jami Kajen, ngaji kitab kuning sesuai jadwal, tadarus al-qur’an, setoran hafalan, dan tahsinan, kegiatan mingguan seperti ro’an, mauludan, tahlilan, simaan al-qur’an, kegiatan bulanan seperti istighosah, ngaji bareng kitab Aswaja dan kegiatan tahunan seperti Haflah akhirusanah, ziarah kubro, dan peringatan hari besar baik nasional atau keagamaan Islam. Dalam meningkatkan softskill santri juga diadakan pelatihan-pelatihan, seperti Rebana, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, dalam olahraga ada Silat, Tenis meja, Futsal, Senam juga ada. Keteladanan seperti peran pengasuh yang aktif berinteraktif secara langsung dengan para santri, beliau juga mengajarkan apa yang beliau miliki contohnya dalam berwirausaha diajarkan membuka kantin di pondok, menyediakan Balai Latihan Kerja, dalam program tahfidz al-qur’an diajarkan tahsin, selalu memberi tempat bagi santri yang memiliki kelebihan dalam bakat. Nasihat seperti pemberian nasihat berupa bagaimana memperlakukan sesama santri atau teman, berperilaku sopan, bertutur yang santun apalagi yang lebih dewasa umurnya, dan selalu menjadi pengingat para santrinya mengenai pentingnya melakukan kebaikan. Hukuman seperti pemberian teguran, dan hukuman yang sesuai dengan kesalahan santri dan terakhir metode penghargaan seperti memberikan sertifikat penghargaan kelulusan dan sanad yang bersambung.
22SK2221089.00 | SK PAI 22.089 ARI s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain