SKRIPSI PAI
Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Tanggungjawab Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Ringan Kelas VII di SLB Negeri 2 Pemalang
Kata Kunci : Upaya Guru dan Karakter Tanggung Jawab
Guru merupakan orang dewasa yang secara sadar mengambil posisi memberikan pelajaran dan pendidikan kepada siswa. dalam hal ini guru dituntut tidak hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan saja, akan tetapi juga mentransfer kepribadian dan karakter siswa karena keberhasilan pendidikan sebagian besar bergantung pada kualitas guru. Tanggung jawab berarti berani, siap, dan teguh hatinya dalam menerima putusan dan tindakan yang dilakukan secara sengaja atau tidak sengaja. Maksudnya, siswa dikatakan bertanggung jawab jika dirinya sadar mengambil keputusan dan mau menghadapi segala akibat yang terjadi. Siswa tidak akan lari dari situasi yang diakibatkan oleh perbuatannya dan mau menanggung akibat serta tidak menyalahkan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter tanggung jawab di dalam proses pembelajaran dan mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan karakter tanggung jawab pada Anak Tunagrahita Kelas VII di SLB N 2 Pemalang.
Jenis penelitian ini bersifat deskriftif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data meliputi metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun data pokok diperoleh dari guru Pendidikan Agama Islam, serta siswa kelas VII SLB N 2 Pemalang, sedangkan data penunjang berasal dari gambaran umum lokasi penelitian dan Staf tata usaha. Teknik penunjang keabsahan data dalam penelitian ini menggunkan teknik triangulasi yang dimana pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara dan berbagai waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, upaya yang dilakukan guru PAI dalam membentuk karakter tanggung jawab Anak Berkebutuhan khusus Tunagrahita di SLB N 2 Pemalang yaitu upaya guru sebagai pengajar, upaya guru sebagai pengarah, upaya guru sebagai pembimbing dan upaya guru sebagai evaluator, kedua adapun faktor pendukung penanaman karakter tanggung jawab dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berasal dari tiga sumber yaitu faktor keluarga, faktor lingkungan,dan faktor sekolah. Sedangkan, faktor yang menjadi penghambat dalam menanaman karakter tanggung jawab dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam berasal dari dua sumber yaitu : faktor keluarga dan faktor lingkungan
22SK2221085.00 | SK PAI 22.085 AYU u | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain