SKRIPSI PAI
Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X MIPA SMA N 1 Sragi Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, PAI
Di masa peralihan pembelajaran dari daring ke luring sekarang ini, guru mengharapkan terbangunnya kondisi belajar yang menyenangkan dan nyaman dengan siswa yang aktif serta siswa yang mampu mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga dapat memahami materi dengan mudah. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa belum memiliki motivasi belajar yang tinggi dan masih pasif saat proses belajar berlangsung. Melihat hal tersebut guru melakukan sebuah strategi yaitu menerapkan model pembelajaran Jigsaw untuk menciptakan pembelajaran yang lebih baik dan maksimal.
Berdasarkan uraian tersebut, rumusan masalah yang dibuat sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X MIPA SMA N 1 Sragi Kabupaten Pekalongan? (2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X MIPA SMA N 1 Sragi Kabupaten Pekalongan? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Jigsaw dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X MIPA SMA N 1 Sragi Kabupaten Pekalongan (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi model pembelajaran Jigsaw dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X MIPA SMA N 1 Sragi Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yaitu studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini yaitu data primer: guru PAI kelas X MIPA, dan siswa kelas X MIPA, data sekunder: kepala sekolah, dokumen, dan data lannya. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian yang didapatkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X MIPA SMA N 1 Sragi Kabupaten Pekalongan sudah dilakukan dengan baik sesuai kaidah. Adapun faktor pendukung dari implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas X MIPA SMA N 1 Sragi Kabupaten Pekalongan yaitu motivasi belajar peserta didik yang tinggi, sarana dan prasarana yang memadai serta kerjasama yang baik dalam kelompok. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu durasi pembelajaran yang singkat, kematangan peserta didik, dan proses diskusi kurang maksimal.
22SK2221074.00 | SK PAI 22.074 ROH i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain