SKRIPSI PAI
Strategi Guru PAI Dalam Mengembangkan Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Pekalongan
Kata Kunci: Strategi Guru PAI, Akhlakul Karimah
Strategi guru PAI dalam pengembangan akhlak masih ada yang perlu ditingkatkan. Hal ini terlihat ada peserta didik yang melanggar peraturan madrasah, seperti adanya peserta didik yang menggunakan seragam tidak sesuai, mengulur-ulur waktu masuk kelas saat pergantian jam pelajaran, tidak mengerjakan tugas piket, sering membawa HP ke sekolah padahal hal tersebut sudah dilarang oleh pihak sekolah. Maka dari itu guru harus mempunyai strategi dalam mengembangkan akhlakul karimah sesuai dengan petunjuk maupun norma yang baik.
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan strategi Guru PAI Dalam Mengembangkan Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Pekalongan. 2) Untuk menjelaskan kendala Guru PAI Dalam Mengembangkan Akhlakul Karimah Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri Pekalongan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan dari hasil penelitian tentang strategi guru PAI dalam mengembangkan akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Pekalongan dilakukan dengan memberikan pemahaman kepada peserta didik terlebih dahulu mengenai pentingnya berakhlakul karimah, senantiasa memberikan suasana belajar yang nyaman berarti selalu berusaha menciptakan suasana belajar yang kondusif, memberikan contoh/keteladanan bagi peserta didik, melakukan kegiatan pembiasaan keagamaan yang dapat merangsang berkemban.gnya akhlakul karimah, memberikan sanksi atau hukuman terhadap pelanggaran akhlak yang ada di sekolah. Adapun kendala dalam mengembangkan akhlakul karimah peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Pekalongan adalah kurangnya kesadaran peserta didik akan kedisiplinan, pengaruh teman sebaya, terbatasnya jam pelajaran PAI di sekolah sehingga terbatas juga pemahaman materi akhlak yang didapat, dampak negative adanya globalisasi.
22SK2221065.00 | SK PAI 22.065 MAS s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain