SKRIPSI PAI
Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Kelas VII di MTs N Batang
Kata Kunci: Perkembangan Zaman, Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius peserta didik.
Pentingnya penanaman nilai-nilai pendidikan agama Islam, apalagi dilihat pada zaman sekarang menurut nino indrianto khususnya kemajuan teknologi dan informasih apabila tidak dibarengi dengan pendidikan agama Islam, akan berdampak buruk pada moral dan sosial anak. Anak akan cenderung sibuk dengan dunianya sendiri dibandingkan berbaur dengan lingkungan sosial. Sedangkan dalam prakteknya para peserta didik MTs N Batang aktif dalam kegiatan keagamaan, seperti: sholat berjamaah, ngaji, mengikuti tahlil dan kegiatan IPNU. Berdasarkan ketidak seimbangan antara teori dan praktik, maka peneliti mengambil judul tentang internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VII di MTs N Batang.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses pembelajaran pendidikan agama Islam Kelas VII di MTs N Batang? (2) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VII di MTs N Batang? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VII di MTs N Batang?. Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsika pembelajaran pembelajaran pendidikan agama Islam Kelas VII di MTs N Batang (2) Untuk menjelaskan proses internalisasi.nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VII di MTs N Batang (3) Untuk menganalisis apa saja faktor pendukung dan penghambat proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VII di MTs N Batang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu mengumpulkan informasi secara langsung di lapangan Dan menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan hasil akhir berbentu analisis. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Aktivitas dalam menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Proses pembelajaran pendidikan agama Islam Kelas VII di MTs N Batang berupa kurikulum KMA 183 yang digunakan dalam pembalajaran, strategi yang digunakan dan metode belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran. (2) proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VII di MTs N Batang yaitu berupa kegiatan bimbingan dan pembiasaan-pembiasaan yang dapat menanamkan nilai-nilai pendidikan agama Islam seperti: pembiasaan bersalaman dengan guru sebelum masuk sekolah, berdo’a sebelum memulai pembelajaran, pemberian motivasi, jamaah sholat dhuha dan adanya kegiatan setiap hari jumat. (3) Faktor pendukung dan penghambat proses internalisasi nilai-nilai pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas VII di MTs N Batang yaitu (a) faktor pendukung berupa adanya kerja sama antar pendidik, dukungan wali murid dalam bidang pembiayaan dan adanya kegiatan hari jumat. (b) faktor penghambat yaitu sarana dan prasarana yang kurang memadai dan kemampuan pemahaman peserta didik.
22SK2221062.00 | SK PAI 22.062 UMM i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain