SKRIPSI EKOS
Pengaruh Karakteristik Wirausaha Muslim, Modal Usaha Dan Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM Di Kecamatan Paninggaran
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah angket (kuesioner) dengan menggunakan
sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling.
Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji regresi linear berganda.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa
Karakteristik Wirausaha Muslim berpengaruh signifikan terhadap
Perkembangan UMKM dibuktikan dengan nilai sig 0,009 < 0,05 dan nilai T
hitung 2,679 > T tabel (1,985) atau 2,679 > (1,985). Modal Usaha tidak
berpengaruh terhadap Perkembangan UMKM dibuktikan dengan nilai sig 0,132
> 0,05 dan nilai T hitung -1,519 < T tabel (1,985) atau -1,519 < (1,985). Serta
Strategi Pemasaran berpengaruh terhadap Perkembangan UMKM dibuktikan
dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai T hitung 11,362 > T tabel (1,985) atau
11,362 > (1,985). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi Nilai Adjusted R
Square menunjukkan sekitar 68,2 % variabel Perkembangan UMKM (Y)
dipengaruhi Karakteristik Wirausaha Muslim (X1), Modal Usaha (X2) dan
Strategi Pemasaran (X3). Sementara sisanya sebesar 31,8% dipengaruhi oleh
variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Maka penulis menarik
kesimpulan dalam penelitian ini variabel variabel Karakteristik Wirausaha
Muslim, Modal Usaha dan Strategi Pemasaran mempunyai pengaruh positif dan
signifikan sebesar 0,682 atau 68,2% terhadap Perkembangan UMKM di
Kecamatan Paninggaran.
22SK2241004.00 | SK EKOS 22.004 KAM p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain