SKRIPSI PAI
Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Kemampuan Baca Al-Qur'an Pada Anak di TPQ Al-Ikhsan Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
Kata kunci : Strategi Guru, Kemampuan Baca Al-Qur’an, Anak TPQ
Strategi guru adalah usaha dan tindakan yang dilakukan oleh seorang guru sebagai upaya untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga diharapkan anak mampu menangkap serta memahami materi yang telah disampaikan guru. Kemampuan setiap anak dalam baca Al-Qur’an berbeda-beda dikarenakan ada faktor yang memengaruhi dalam menumbuhkan kemampuan baca Al-Qur’an pada anak, yakni faktor internal dan faktor eksternal.
Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam menumbuhkan kemampuan baca Al-Qur’an pada anak di TPQ Al-Ikhsan Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana faktor-faktor yang memengaruhi dalam menumbuhkan kemampuan baca Al-Qur’an pada anak di TPQ Al-Ikhsan Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan tentang strategi guru dalam menumbuhkan kemampuan baca Al-Qur’an pada anak di TPQ Al-Ikhsan Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan (2) Untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang memengaruhi dalam menumbuhkan kemampuan baca Al-Qur’an pada anak di TPQ Al-Ikhsan Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitataif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif yakni meliputi reduksi data, penyajian data serta menarik kesimpulan atau verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, strategi guru kelas Al-Qur’an di TPQ Al-Ikhsan menggunakan satu metode dan dua macam strategi yakni metode sorogan atau individu, strategi klasikal individu dan strategi baca simak. Dalam pelaksanaanya, strategi guru dalam menumbuhkan kemampuan baca Al-Qur’an pada anak di TPQ Al-Ikhsan Simbang Kulon Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan tentunya memiliki beberapa faktor internal dan faktor eksternal yang memengaruhi kemampuan baca Al-Qur’an. Adapun fakor internalnya, antara lain : minat, motivasi, latihan dan pengulangan, konsentrasi serta pemahaman. Sementara faktor eksternalnya meliputi : bimbingan orang tua, guru dan metode mengajar serta sarana prasarana.
22SK2221059.00 | SK PAI 22.059 MAG s | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain