SKRIPSI PAI
Partisipasi Orang Tua Pada Pembelajaran Dalam Jaringan Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Wahid Hasyim Warungasem Kabupaten Batang
Kata Kunci: Partisipasi Orang Tua, Pembelajaran Daring, Akidah Akhlak.
Adanya pandemi covid-19 memberikan dampak yang besar terhadap dunia pendidikan, yaitu dengan adanya kebijakan pemerintah untuk merubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi sistem pembelajaran online. Hal ini tentu menjadi tantangan baru bagi guru maupun siswa dalam melaksanakan proses belajar mengajar secara online. Pelaksanaan pembelajaran online yang dilakukan secara tiba-tiba ini menimbulkan berbagai permasalahan, khususnya pada mata pelajaran akidah akhlak akhlak yang merupakan mata pelajaran yang banyak melibatkan pemahaman konsep serta pengaplikasian, akidah akhlak merupakan salah satu mata pelajaran yang tidak mudah untuk dilaksanakan secara online, karena pengaplikasian dari pelajaran tersebut tidak dapat dipantau secara langsung oleh guru. Karena pembelajarannya daring peran serta orang tua paling diutamakan, guru hanya sebagai fasilitator sedangkan motoriknya adalah orang tua. Partisipasi orang tua dalam pembelajaran daring sangat penting apalagi kaitanya dengan pendidikan akhlak.
Dari uraian diatas, penelitian ini dilakukan, pertama untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk-bentuk partisipasi orang tua pada pembelajaran daring mapel akidah akhlak kelas VIII di MTs. Wahid Hasyim Warungasem Kab. Batang. Kedua, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pada pembelajaran daring mapel akidah akhlak kelas VIII di MTs. Wahid Hasyim Warungasem Kab. Batang.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Subjek penelitian yaitu kepada sekolah, guru mapel akidah akhlak, orang tua dan siswa sebagai data primer, sedangkan data sekunder yaitu dokumen, arsip gambar, dan literatur yang berkaitan dengan judul penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis data model Miles and Huberman yaitu data reduction, dara display, dan conclusion drawing/verification.
Hasil penelitian ini menujukkan bentuk-bentuk partisipasi yang dilakukan orang tua pada saat pembelajaran dalam jaringan diantaranya: orang tua memberikan bimbingan (arahan), memfasilitasi anak, memberikan motivasi, melakukan pengawasan kepada anak dan memberikan perhatian. Adapun faktor pendukung dan penghambat pada pembelajaran dalam jaringan mata pelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs. Wahid Hasyim Warungasem Kabupaten Batang adalah pertama faktor pendukung yaitu: tersedianya fasilitas pembelajaran daring, jaringan internet memadai dan bimbingan dari orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: kurang tersedinya fasilitas pembelajaran daring, signal kurang memadai, siswa kurang memahami materi, dan siswa kurang disiplin.
22SK2221054.00 | SK PAI 22.054 SOF p | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain