SKRIPSI PAI
Implementasi Metode Amsilati Pada Pembelajaran di TPQ Madrasah Diniyah Nurul Ghulam Desa Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan
Kata Kunci: Metode Amsilati, Pembelajaran, TPQ MADIN Nurul Ghulam
Belajar membaca kitab kuning sangatlah penting apalagi mempelajarinya di waktu kecil akan menjadi suatu bekal yang sangat baik bagi anak dalam mempelajari ilmu agama, kita sebagai generasi muda harus mampu menyiapkan generasi yang lebih muda kita untuk mampu membaca kitab kuning, meskipun biasanya membaca kitab kuning itu di lakukan di podok pesantren tetapi saat ini ada TPQ yang mengajarkan cara membaca kitab kuning dengan mudah dan efisien, yaitu dengan menggunakan metode Amsilati yang yang merupakan sebuah sistem cepat baca tulisan arab yang tidak ada syakalnya (harokat). dan dalam pelaksanaanya ini berhasil bahkan mendapatkan apresiasi dari pembina TPQ dan Madin sekarsidenan pekalongan, sehingga dengan begitu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana jalanya pembelajaran metode Amsilati di TPQ Madin Nurul Ghulam.
Adapun rumusan masalahnya dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Metode Amsilati pada Pembelajaran di TPQ Madrasah Diniyah Nurul Ghulam dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Amsilati pada pembelajaran di TPQ Madrasah Diniyah Nurul Ghulam Desa Kertijayan Buaran Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan wawancara dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Maka dapat diketahui bahwa hasil penelitian mengenai Implementasi metode Amsilati pada pembelajaran di TPQ Madrasah Diniyah Nurul Ghulam Desa kertijayan Buaran Pekalongan mempunyai 4 tahapan yaitu:, perencanaan, prinsip, pelaksanaan dan evaluasi. Faktor pendukung dalam implementasi metode Amsilati pada pembelajaran di TPQ Madrasah Diniyah Nurul Ghulam yaitu: terpenuhinya semua kebutuhan guru dalam melaksanakan pembelajaran amsilati, dan tersedianya kitab-kitab yang di butuhkan para santri. Adapun faktor penghambat dalam implementasi Metode amsilati pada pembelajaran di TPQ Madrasah Diniyah Nurul Ghulam yaitu: adanya ustadz yang tidak bisa berangkat karena kesibukan dengan kegiatan pribadinya, bersamaan jam pulang sekolah karena kecapean anak tidak berangkat ke TPQ.
22SK2221053.00 | SK PAI 22.053 ILY i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain