SKRIPSI PAI
Implementasi Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di Masa Pandemi di SMPN 1 Pekalongan
Kata kunci: Pembelajaran e-learning, pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti, pandemi covid-19
E-Learning merupakan pengajaran daan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektrronik (LAN, WAN atau Internet) untuk menyampaikan isi materi yang diajarkan. Pengertiian E-Learning mengacu pada 2 persepsi dasaryaituElektronic based learning dan Internet Based. Pembelajaran yang memanfaatkan teknologi inforrmasi dan komunikasi biasa disebut dengan Elektronic based learning, sedangkan pembelaajaran yag menggunakan fasililtas interrnet yag bersifat online sebagai instruksi utamaya disebut Internet based.
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dijabarkan, penulis membuat rumusan masalah, diantaranya: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaan e-learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMPN 1 Pekalongan di masa pandemi?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran e-learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMPN 1 Pekalongan di masa pandemi?, 3) bagaimana evaluasi pembelajaran e-learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMPN 1 Pekalongan di masa pandemi?, 4) Apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran e-learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMPN 1 Pekalongan di masa pandemi?. Adapun tujuan penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran e-learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMPN 1 Pekalongan, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran e-learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMPN 1 Pekalongan, 3) Untuk mengetahui evaluasi pembelajaran e-learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMPN 1 Pekalongan, 4) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran e-learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMPN 1 Pekalongan di masa pandemi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang meliputi kepala sekolah, guru dan siswa, serta sumber data sekunder yang meliputi dokumen-dokumen pendukung seperti buku dan jurnal yang relevan. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya yaitu dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan maka didapat hasil berupa implementasi pembelajaran e-learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di masa pandemi di SMPN 1 Pekalongan dilakukan secara virtual melalui beberapa platform (WhatsApp Grup, Google Classroom, Google Meet, Google Form). Dalam hal ini proses pembelajaran e-learning pada mata pelajaran PAI ada beberapa hal yang harus disiapkan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan guru membuat RPP daring, silabus, dan KKM daring. Untuk pelaksanaannya guru membagikan link Google Classroom ke grup WhatsApp sesuai dengan kelas masinng-masing. Dalam evaluasinya guru menilai dua aspek yaitu pengetahuan dan keterampilan yang meliputi (praktek, proyek, produk). Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran e-learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti yaitu : fasilitas sekolah yang memadai, keluarga, letak geografis siswa, dan jaringan internet.
22SK2221047.00 | SK PAI 22.047 SUP i | My Library (Lantai.3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain