SKRIPSI PBA
Analisis Materi Buku Ajar Bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah Karya Jauhar Ali (Berdasarkan Teorri Mackey)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan akademik pada buku ajar
bahasa Arab madrasah ibtidaiyah terutama pada muatan materi. Sebagai contoh,
berdasarkan analisis peneliti ditemukan ketidaksesuaian antara bab I dan bab III
tentang Qira’āh yang lebih mengarah pada Hiwār (Percakapan).
Penelitian ini akan menganalisis bagaimana seleksi (pemilihan materi) buku
ajar bahasa Arab kelas IV Madrasah Ibtidaiyah karya Jauhar Ali menurut teori
Mackey dan bagaimana gradasi (pengurutan) buku ajar bahasa Arab kelas IV
Madrasah Ibtidaiyah karya Jauhar Ali menurut teori Mackey.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian literature atau penelitian
kepustakaan (library research), sementara itu dalam menganalisis data, peneliti
menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa buku ini layak untuk pembelajaran siswa kelas IV. Berdasarkan penelitian
ini dapat disimpulkan secara umum bahwa seleksi materi, dan gradasi.
Hasil penelitian sistem seleksi dalam buku ajar bahasa Arab Madrasah
Ibtidaiyah karya Jauhar Ali adalah dari materi qaidah tata bahasa Arab yang paling
pokok atau mendasar, sangat sesuai dengan penggunaan buku ajar bahasa Arab ini
yakni para pelajar pemula yang ingin menguasai bahasa Arab. Hal ini bisa kita lihat
dengan seksama pada materi pelajaran yang sudah ada, sebelum masuk pada bab,
telah menuturkan dengan menjelaskan beberapa definisi awal dan dasar, sedangkan
sistem gradasi dalam buku ajar bahasa Arab Madrasah Ibtidaiyah karya Jauhar Ali
adalah menggunakan pengelompokkan struktural yang fokus pada tata kata dan tata
kalimat. Buku “Ajar bahasa Arab” ini juga melakukan pengurutan pada bagianbagian yang pararel seperti beberapa tanda-tanda kalimat isim, kalimat fiil dan
kalimat huruf dan berikutnya I’rob
22SK2222048.00 | SK PBA 22.048 RID a | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain