SKRIPSI PBA
Implementasi Media Mind Map dalam Pembelajaran Qawa'id Nahwu di Kelas VIII D di MTs Salafiyah Syafi'iyah Proto Kedungwuni
Media pembelajaran merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam
kegiatan belajar mengajar. Sebagai upaya guru dalam memudahkan dan
memahamkan siswanya pada pelajaran bahasa Arab, guru bahasa Arab di MTs
Salafiyah Syafiiyah Proto memberikan materi qawā’id naḥwu dengan sebuah
media mind map. Namun pada praktiknya, media yang diterapkan tersebut
tergolong masih sederhana dan belum terdapat variasi yang lebih menarik sehingga
perlu dikembangkan lebih baik lagi. Penggunaan media mind map yang diterapkan
dalam pembelajaran qawā’id naḥwu di MTs Salafiyah Syafi’iyah Proto
Kedungwuni pada dasarnya sudah sesuai dengan teori yang dikembangkan oleh
Tony Buzan, namun pelaksanaan pembelajaran tergolong kurang aktif karena
peserta didik hanya diminta memahami penjelasan dari guru Bahasa Arab.
Berdasarkan latar belakang tersebut, dapat dirumuskan permasalahannya
yaitu: Bagaimana implementasi media mind map dalam pembelajan qawā’id naḥwu
di kelas VIII D MTs Salfiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni? Apa saja kelebihan
dan kekurangan implementasi media mind map dalam pembelajan qawā’id naḥwu
di kelas VIII D MTs Salfiyah Syafi’iyah Proto Kedungwuni?
Metode Penelitian yang digunakan meliputi jenis dan pendekatan. Adapun
jenisnya berupa penelitian lapangan (field research) dan pendekatan yang
digunakan adalah pendekatan kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan metode analisis
yang digunkana adalah analisis deskriptif kualitatif
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media mind map dalam
pembelajan qawā’id naḥwu di kelas VIII D MTs Salfiyah Syafi’iyah Proto
Kedungwuni sudah berjalan dengan baik karena sesuai dengan langkah- langkah
yang ada pada teori yang sudah disebutkan penulis , yaitu guru melakukan tahapantahapan pembelajaran yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian.
Kelebihan dari penggunaan mind map adalah memudahkan siswa dalam memahami
materi dengan cepat. Adapun kekurangan dari penggunaan mind map adalah latar
pendidikan siswa yang beragam, dan kemampuan siswa yang berbeda-beda.
22SK2222040.00 | SK PBA 22.040 KHA i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain