SKRIPSI PBA
Peran Media Gubahan Lagu Pop dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab pada Santri Pondok Pesantren Darunnajat, Bumiayu,Kabupaten Brebes
Penelitian ini berawal dari ketertarikan penulis tentang media gubahan lagu
pop yang digunakan untuk memudahkan menghafal dalam proses pembelajaran
mufradāt bahasa Arab. Peneliti ingin mengetahui peranan dan kelebihan serta
kekurangan media gubahan lagu pop yang telah digunakan dalam proses
pembelajaran mufradāt di Pondok Pesantren Darunnajat, Bumiayu, Kabupaten
Brebes sebagai topik penelitian ini.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan
media gubahan lagu pop dalam pembelajaran mufradāt bahasa Arab pada santri
Pondok Pesantren Darunnajat, Bumiayu, Kabupaten Brebes? (2) Bagaimana peran
media gubahan lagu pop dalam pembelajaran mufradāt bahasa Arab pada santri
Pondok Pesantren Darunnajat, Bumiayu, Kabupaten Brebes? (3) Apa kelebihan
dan kekurangan media gubahan lagu pop dalam pembelajaran mufradāt bahasa
Arab pada santri Pondok Pesantren Darunnajat, Bumiayu, Kabupaten Brebes?.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan
pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi,
wawancara, dan dokumentasi dari sumber data primer dan sumber data sekunder.
Sedangkan untuk menganalisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif
dengan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media gubahan lagu pop
memberikan manfaat yang cukup besar dalam proses pembelajaran mufradāt,
dimana para santri menjadi sangat antusias dan semangat untuk lebih cepat
menghafal mufradāt yang diberikan serta santri lebih enjoy dan merasa senang
ketika menghafalkan mufradāt tersebut tidak merasa terbebani dengan sejumlah
hafalan yang begitu banyak dan tidak mudah lupa. Terdapat peran media gubahan
lagu pop diantaranya: sebagai support utama, sebagai motivasi belajar, dan
sebagai hiburan. Media gubahan lagu pop juga memiliki kelebihan antara lain:
penyajian lebih menarik perhatian, penguasaan mufradāt lebih mudah dipahami,
tidak membutuhkan waktu yang relative lama untuk menghafal mufradāt,
Berpengaruh pada jumlah mufradāt menjadi lebih banyak dikuasai. Selain itu,
kekurangan ini salah satunya ialah kurangnya pemahaman santri pada penulisan
dan pelafalan mufradāt yang benar.
22SK2222039.00 | SK PBA 22.039 FIL p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain