SKRIPSI PBA
Implementasi Media Kartu Mufrodat dalam Pembelajaran Maharah Kitabah Kelas VIII B SMP NU Pajomblangan Kedungwuni Pekalongan
Mahārah kitābah atau writing skills adalah ketrampilan dalam
menggambarkan isi dari pemikiran secara tertulis, mulai dari aspek yang
sederhana seperti menulis kata-kata singkat, sampai kepada aspek yang
kompleks yaitu membuat karya tulis. Mengarahkan dan membimbing untuk
meningkatkan keterampilan berbahasa dan mengembangkan suatu yang
positif dari bahasa Arab merupakan tujuan dari mata pelajaran bahasa Arab
baik secara tertulis maupun lisan. Akan tetapi, pelajaran bahasa Arab
seringkali menjadi stigma pelajaran yang sulit dan membosankan untuk
dipelajari. Untuk meminimalisir kemalasan belajar bahasa Arab dan
memudah pemahaman siswa, guru bahasa Arab di SMP NU Pajomblangan
Kedungwuni ini menggunakan media kartu mufradāt `dalam kegiatan
pembelajarannya, khususnya dalam mahārah kitābah, media tersebut
digunakan oleh guru untuk menghilangkan anggapan buruk tentang
kesulitan belajar bahasa Arab khususnya dalam mahārah kitābah. Akan
tetapi menurut prof. Yayan Nurbayan dalam buku yang di tulis olehnya
yang berjudul “Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab”, terdapat sebuah
pernyataan yang mengatakan bahwa penggunaan media pembelajaran
berupa kartu digunakan untuk meningkatkan kemahiran membaca siswa,
sedangkan media kartu mufradāt yang digunakan dalam kegiatan
pembelajaran bahasa Arab di SMP NU Pajomblangan Kedungwuni adalah
untuk meningkatkan kemahiran menulis siswa (mahārah kitābah).
Berdasarkan latar belakang di atas, dapat di rumuskan
permasalahannya yaitu: (1) Bagaimana implementasi kartu mufradāt dalam
pembelajaran mahārah kitābah kelas VIII B di SMP NU Pajomblangan
Kedungwuni? (2) Apa kelebihan dan kekurangan Media kartu mufradāt
dalam pembelajaran mahārah kitābah kelas VIII SMP NU Pajomblangan
Kedungwuni Pekalongan?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1)
Untuk mendeskripsikan implementasi media kartu mufradāt dalam
pembelajaran mahārah kitābah kelas VIII B di SMP NU Pajomblangan
Kedungwuni (2) Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan media
pembelajaran kartu mufradāt dalam pembelajaran mahārah kitābah kelas
VIII B di SMP NU Pajomblangan Kedungwuni.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis
penelitian field research. sumber data yang digunakan berupa sumber data
primer yakni guru dan siswa serta sumber data sekunder yakni kepala
sekolah, refrensi terkait, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik
xvi
analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan tahapan: reduksi
data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Implementasi media kartu mufradāt dalam pembelajaran mahārah
kitābah kelas VIII B SMP NU Pajomblangan, sudah baik dan sesuai dengan
langkah-langkah penerapannya. Adapun dari implementasi media kartu
mufradāt dalam pembelajaran mahārah kitābah adalah siswa mampu
menulis kalimat sederhana dalam bahasa Arab dengan benar, mampu
menulis kalimat secara spontan dengan benar dan sesuai dengan kaidah
tarkib yang telah diajarkan oleh guru. Dalam pelaksanaannya, media kartu
tersebut menjadi stimulus bagi siswa agar terdorong untuk mengasah
hafalan otaknya dan mengaplikasikan kemampuan berbahasa Arabnya
dalam bentuk tulisan. hasil positif yang diperoleh dari pengimplementasian
media kartu mufradāt lainya adalah terasahnya ketrampilan siswa dalam
menulis berbahasa Arab serta banyaknya kosakata yang ia ketahui
menambah perbendaharaan kosakata yang dimiliki. Dengan menggunakan
Media kartu mufradāt dalam pelaksanaan pembelajaran mahārah kitābah
berjalan dengan aktif dan menyenangkan, karena belajar bersama secara
berkelompok dan masing-masing kelompok memliki kesempatan yang
sama untuk melatih kekompakan menyusun kartu mufradāt dan menulis
kalimat yang telah mereka susun ke papan tulis, tidak hanya itu mereka juga
mempunyai kesempatan yang sama untuk saling mengasah kemampuan
menulis kalimat berbahasa Arab. Siswa juga berantusias untuk menghafal
setiap kosakata yang mereka dapati gunakan dan dijadikan sebagai alat
bantu dalam pembelajaran bahasa Arab dalam mahārah kitābah.
22SK2222029.00 | SK PBA 22.029 FAU i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain