SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Ibtidai dalam Pembelajaran Nahwu Kelas Ula di Madrasah Diniyah Minhajuth Thulab Karanganyar Purbalingga
Metode Ibtidai merupakan metode pembelajaran tradisional yang
menggabungkan beberapa metode sekaligus. Diharapkan melalui metode ini santri
akan dengan lebih aktif mengikuti pembelajaran baik secara individu maupun
kelompok.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana implementasi
metode ibtidai dalam pembelajaran nahwu kelas ula di Madrasah Diniyah
Minhajuth Thullab Karanganyar Purbalingga? Apa saja kelebihan dan kekurangan
metode ibtidai dalam pembelajaran nahwu kelas ula di Madrasah Diniyah
Minhajuth Thullab Karanganyar Purbalingga?. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan implementasi metode ibtidai dalam pembelajaran nahwu kelas ula
di Madrasah Diniyah Minhajuth Thullab Karanganyar Purbalingga, untuk
mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan Metode penelitian ini mengunakan
metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseach). Teknik
pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Sedangkan sumber data yang digunakan ada dua yaitu data primer dan data
sekunder. Jenis analisis yang digunakan yaitu deskriptif indukstif.
Hasil penelitian implementasi metode ibtidai dalam pembelajaran nahwu
kelas ula di Madrasah Diniyah Minhajuth Thullab Karanganyar Purbalingga dibagi
menjadi tiga tahapan yaitu: a) Persiapan, dimana pada tahap ini ustadz tidak
membuat RPP sebagaimana yang dilakukan oleh Lembaga formal. b) Pelaksanaan,
dimana pada tahap ini kegiatan pembelajaran dibagi menjadi tiga sesi, yaitu
sorogan, kegiatan inti, dan tanya jawab. c) Evaluasi, pada tahap ini dilakukan untuk
mengetahui kemampuan santri dalam memahami materi, evaluasi yang dilakukan
berupa pemberian pertanyaan setiap kali pertemuan dan ujian yang dilakukan pada
akhir semester. Melalui metode ini ada beberapa hal yang diperoleh santri
sekaligus, yaitu kemampuan nahwu shraf, kemampuan menghafal mufrodat, dan
kemampuan menterjemahkan teks bahasa Arab. Adapun kelebihan metode ibtidai
adalah: Ustadz pengampu sudah melakukan pelatihan langsung dengan penggagas
metode ibtidai, Mudah dipraktikan, Santri dapat menghafal kosa kata bahasa Arab
serta memperoleh pemahaman ilmu tauhid dari kitab yang dipelajari. Adapun
untuk kekurangan metode ibtidai adalah: Tidak efisien karena membutuhkan waktu
yang lama, membuat suasana kelas kurang kondusif, kurangnya kedisiplinan santri.
22SK2222025.00 | SK PBA 22.025 SAN i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain