SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Muhadatsah dalam Pembelajaran Maharah Kalam Santri Putra Pondok Pesantren Modern Darunnajat Pruwata Bumiayu Brebes
Metode ialah salah satu sumber sarana dalam tercapainya suatu
tujuan pada pembelajaran tersebut. Semakin tepat dan optimal
metodenya, maka diharapkan efektif pula dalam mencapai tujuan
pembelajaran tersebut. untuk membantu peserta didik dalam belajar
bahasa Arab, Pondok Pesantren Modern Darunnajat Pruwatan Bumiayu
Brebes menggunakan metode muhadatsah. Latar belakang penelitian
ini disebabkan banyaknya santri yang enggan menggunakan bahasa
Arab karena beberapa faktor penyebab. Rumusan masalah pada
penelitian ini adalah adalah Bagaimana Implementasi Metode
Muhadatsah Dalam Meningkatkan Maharah Kalam Santri Putra
Pondok Pesantren Modern Darunnajat Pruwatan Bumiayu Brebes ?.
Apa kelebihan dan kekurangan metode muhadatsah dalam
meningkatkan maharah kalam santri putra Pondok Pesantren Modern
Darunnajat Pruwatan Bumiayu Brebes ?. Tujuan penelitian ini yang
pertama untuk mengetahui implementasi metode muhadatsah dalam
meningkatkan maharah kalam santri putra. yang kedua untuk
mengetahui faktor pendukung dan penghambat Implementasi Metode
Muhadatsah Dalam Meningkatkan Maharah Kalam Santri Putra
Pondok Pesantren Modern Darunnajat Pruwatan Bumayu Brebes.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan
jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan. Teknik pengumpulan
data yang penulis gunakan adalah dengan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Adapun jenis analisis datanya adalah analisisi deskriptif
kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keadaan santri putra
Pondok Pesantren Modern Darunnajat Pruwatan Bumiayu sudah
terbiasa berbicara dengan bahasa Arab. Karena implementasi metode
muhadatsahnya sudah berjalan dengan semestinya, sehingga aturan
berbahasa sangatlah dianjurkan oleh pondok pesantren tersebut. Namun
tidak sedikit dari santrinya yang masih mengalami kesulitan berbicara
karena beberapa faktor, antara lain: minimnya penguasaan kosa kata,
monoton dalam bercakap-cakap, kurangnya gairah berbahasa pada
santri. Sedangkan evaluasi yang dilakukan oleh pengurus dengan
menggunakan sistem menunjuk peserta didik dan memperaktekkan
kosa kata yang telah diberikan sehingga hasil dari penerapan tema
tersebut bisa dilihat dari kemahiran santri dalam mendeskripsikan kata
kedalam bahasa Arab
22SK2222022.00 | SK PBA 22.022 NUL i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain