SKRIPSI PBA
Implementasi Pembelajaran Daring Maharah Kalam Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab IAIN Pekalongan Tahun Ajaran 2020/2021
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya pandemi covid-19 yang menjadi
polemik bagi seluruh tatanan kehidupan manusia. Di tengah masa pandemi covid19 ini kebijakan pemerintahan memberlakukan belajar dari rumah yaitu
pembelajaran secara daring. Dalam pembelajaran bahasa Arab dari rumah bukan
tanpa halangan, terlebih dalam mata pelajaran bahasa Arab. Mata pelajaran ini
menjadi tantangan tersendiri dalam kegiatan pembelajarannya, karena pada
dasarnya bahasa Arab bukanlah bahasa Ibu yang sudah dipelajari oleh peserta didik
sejak dini. Sehingga bukan pelajaran yang mudah jika dipelajari sendiri di rumah.
Permasalahan yang dibahas pada skripsi ini adalah bagaimana implementasi
pembelajaran daring mahārah kalām mahasiswa pendidikan bahasa Arab IAIN
Pekalongan. Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran
daring mahārah kalām. Serta solusi dari pembelajaran daring mahārah kalām.
Tujuan yang dicapai dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi
pembelajaran daring mahārah kalām mahasiswa pendidikan bahasa Arab IAIN
Pekalongan tahun ajaran 2020/2021. Untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat dalam implementasi pembelajaran mahārah kalām daring mahasiswa
pendidikan bahasa Arab IAIN Pekalongan tahun ajaran 2020/2021. Dan untuk
mengetahui solusi dari dalam implementasi pembelajaran mahārah kalām daring
mahasiswa pendidikan bahasa Arab IAIN Pekalongan tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field reseach), dengan
pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang dilakukan secara interaktif
melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau
verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran
darimh mahārah kalām mahasiswa pendidikan bahasa Arab IAIN Pekalongan
tahun ajaran 2020/2021 terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan,
dan evaluasi. Media yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah Google
Classroom dan Google Meet. Faktor pendukung pembelajaran mahārah kalām
daring ini adalah faktor jasmani, motivasi diri, fleksibilitas waktu dan aplikasi yang
memadai. Sedangkan penghambatnya adalah: Kurangnya ketertarikan dengan
pelajaran bahasa Arab, mahasiswa yang kurang aktif, metode mengajar dan
jaringan internet yang tidak stabil. Solusi dari pembelajaran mahārah kalām daring
ini adalah menerapkan pelajaran yang sudah diterima dalam kehidupan sehari-hari,
perbanyak kosakata serta berlatih berbiara menggunakan bahasa Arab. menyiapkan
segala keperluan pembelajaran misalnya media pembelajaran, kuota dan jaringan
internet yang stabil.
22SK2222021.00 | SK PBA 22.021 NAD i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain