SKRIPSI PBA
Pengaruh Penguasaan Mufradat Terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di MTs Miftahul Huda Padakaton Brebes
Latar belakang masalah penelitian ini yaitu di MTs Mafatihul Huda
Padakaton Brebes yang mana latar belakang siswanya tidak hanya lulusan dari
Madrasah Diniyah saja, melainkan ada juga yang dari lulusan Sekolah Dasar.
Latar belakang siswa dan karakteristik yang bermacam-macam juga
mempengaruhi tingkat pemahaman siswa yang berbeda-beda dalam proses
pembelajaran bahasa Arab. Hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa dari
sebagian siswa yang masih tertinggal dalam menangkap materi bahasa Arab yang
disampaikan oleh guru khususnya pada keterampilan membaca bahasa Arab. Guru
terus berupaya agar para siswa dapat memahami isi pelajaran dengan cara
meminta siswa untuk menghafal mufradāt, memberikan reward, dan
menggunakan berbagai metode yang dirasa tepat dalam proses penyampaian
materi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penguasaan
mufradat terhadap keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs
Mafatihul Huda Padakaton Brebes?, bagaimana keterampilan membaca bahasa
Arab siswa kelas VIII di MTs Mafatihul Huda Padakaton Brebes?, adakah
pengaruh penguasaan mufradat terhadap keterampilan membaca bahasa Arab
siswa kelas VIII di MTs Mafatihul H Padakaton Brebes?. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui penguasaan mufradat siswa kelas VIII di MTs Mafatihul
Huda Padakaton Brebes, untuk mengetahui keterampilan membaca bahasa Arab
siswa kelas VIII di MTs Mafatihul Huda Padakaton Brebes, dan untuk
mengetahui pengaruh penguasaan mufradat terhadap keterampilan membaca
bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Mafatihul Huda Padakaton Brebes.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan
menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah dokumentasi dan angket. Metode analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi linear sederhana dengan menggunakan bantuan
program aplikasi SPSS 22. Sebelum data dihitung dengan analisis regresi linear
sederhana, data terlebih dahulu dicek validitas dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
Penguasaan Mufradat terhadap Keterampilan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas
VIII di MTs Mafatihul Huda Padakaton Brebes. Dari hasil perhitungan diperoleh
thitung = 5,507. Pada tingkat signifikan 5% ditemukan nilai ttabel = 2,020. Maka
thitung > ttabel = 5,507 > 2,020, sehingga dapat diartikan bahwa Ha diterima dan Ho
ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penguasaan mufradat
terhadap keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII di MTs Mafatihul
Huda Padakaton Brebes. Sedangkan besarnya pengaruh antara penguasaan
xii
mufradat terhadap keterampilan membaca bahasa Arab siswa sebesar 43,7%,
dengan sisanya 56,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.
22SK2222018.00 | SK PBA 22.018 RAH p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain