SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Sorof Kitab Qowa'idus Sorfiyyah di Pondok Pesantren Al-Utsmani Kajen Pekalongan
Penulisan ini dilatarbelakangi oleh pengamatan secara langsung dan
wawancara dengan ustaz pengampu pada pembelajaran Ṣorof menggunakan kitab
Qowā’iduṣ Ṣorfiyyah Di Pondok Pesantren Al Utsmani Kajen Pekalongan dimana
mayoritas santrinya berasal dari jenjang pendidikan umum yang belum familiar
dengan istilah-istilah bahasa arab. Dalam prakteknya, Pondok Pesantren AlUtsmani merupakan Pondok Pesantren yang berbasis salafi dengan merujuk pada
kitab-kitab kuning berbahasa arab tanpa makna dan harokat. Namun, santri yang
berasal dari pendidikan umum tentunya masih asing dengan istilah-istilah yang ada
didalamnya. Selain itu, metode pembelajaran yang kurang variatif membuat santri
bosan dan kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. hal itu tentunya
berpengaruh terhadap kemampuan santri dalam memahami kaidah Nahwu Ṣorof.
Penulisan ini bertujuan mengimplementasikan metode bernyanyi pada
pembelajaran Ṣorof menggunakan kitab Qowā’iduṣ Ṣorfiyyah di kelas 3 Ibtidaiyyah
b Pondok Pesantren Al-Utsmani karena metode bernyanyi merupakan metode
tercepat dalam menghapal istilah-istilah bahasa arab dengan mendendangkan lagu
yang telah diciptakan secara bersama-sama. Dalam hal ini diharapkan santri mampu
menghapal serta memahami materi Ṣorof. Hasil dari Penulisan ini diharapkan dapat
menjadi kritik akademik terhadap pengimplementasian metode bernyanyi dalam
pembelajaran Ṣorof.
Metode Penulisan yang digunakan yaitu Penulisan kualitatif deskriptif
dimana sumber data dalam Penulisan ini berasal dari pengasuh, ustaz serta santri
Pondok Pesantren Al-Utsmani kelas 3 ibtidaiyyah. Instumen Penulisan yang
digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah setelah data terkumpul diolah, kemudian dianalisis dan
disimpulkan dalam bentuk uraian.
Hasil dari Penulisan ini menunjukkan bahwa santri kelas 3 ibtidaiyyah yang
mayoritas berasal dari pendidikan umum mampu menghapal dengan cepat materi
yang disenandungkan bersama. Dari semua data yang dianalisis terdapat
problematika dan kekurangan dalam penerapan metode bernyanyi. Hal tersebut
menjadi masukan bagi penulis maupun pendidik untuk menjadi bahan koreksi pada
pembelajaran Ṣorof mendatang
22SK2222017.00 | SK PBA 22.017 WID i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain