SKRIPSI PBA
Pembelajaran Nahwu dengan Kitab Matan Al Ajurumiyyah dalam Meningkatkan Kemahiran Membaca Kitab Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pemalang Pada Masa Pandemi
Pembelajaran merupakan suatu upaya membelajarkan atau suatu upaya
mengarahkan aktivitas siswa kearah aktivitas belajar.pembelajaran nahwu dalam
hal ini yang menjadi rujuan adalah kitab Matan Al Ajurumiyyah yang ditulis oleh
Abi ‘Abdillah Muhammad Bin Muhammad Bin Dawud As-Sonhaji. MTs Negeri
1 Pemalang menggunakan kitab ini karena sesuai dengan kebutuhan para siswa
untuk mendapatkan pemahaman di bidang ilmu nahwu untuk bekal membaca
kitab kuning. Dari alasan tersebut maka peneliti tertarik untuk melakukan
penelitian tentang Pembelajaran Nahwu dengan Kitab Matan Al Ajurumiyyah
dalam Meningkatkan Kemahiran Membaca Kitab Siswa Kelas VII MTs Negeri 1
Pemalang.
Penelitian ini dibuat untuk mengetahui rumusan masalah : 1) Bagaimana
pembelajaran nahwu dengan kitab Matan al Ajurumiyyah untuk meningkatkan
kemahiran membaca kitab siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1
Pemalang pada masa pandemi? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat
kemahiran membaca kitab siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 1
Pemalang pada masa pandemi?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu
memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena atau situasi dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi
sumber primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
observasi, dokumentasi dan wawancara.
Dari hasil penelitian yang dilakukan menghasilkan kesimpulan sebagai
berikut: pertama pembelajaran nahwu menggunakan kitan Matan al Ajurumiyyah
sudah berjalan dengan baik karena sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran
sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan sesuai
dengan isi kitab, kedua terdapat berbagai faktor yang mendukung serta faktor
penghambat dalam proses pembelajaran, faktor pendukung diantaranya: adanya
guru yang professional, adanya siswa, serta sara dan prasarana yang mendukung.
Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, latar belakang pendidikan siswa dan
lingkungan sekitar
22SK2222014.00 | SK PBA 22.014 AFI p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain