SKRIPSI PBA
Implementasi Metode Qira'ah Reseptif dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira'ah Siswa Kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Al Utsmani Kajen Pekalongan
Berdasarkan observasi awal penulis di MTs Al-Utsmani Kajen Pekalongan. Penerapan
metode qirẵ’ẵh reseptif dalam pembelajaran bahasa Arab mẵhẵrẵh qirẵ’ẵh sudah diterapkan.
Namun sebagian siswa khususnya kelas IX masih ada yang mangalami kesulitan dalam membaca
dengan fasih, menterjemah, dan memahami isi bacaan dikarenakan siswa tidak tahu artinya satu
per satu pada suatu bacaan teks berbahasa Arab atau masih ada yang mendapatkan nilai minim
karena kurangnya menguasai kosakata bahasa Arab dan kurang dipraktekkan dalam kehidupan
sehari-hari. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk penggunaan metode ini untuk penerapan
pembelajaran qirẵ’ẵh pada siswa di MTs Al-Utsmani Kajen dalam memahami teks berbahasa
Arab.
Berdasarkan latar belakang, peneliti meneliti tentang: 1) Bagaimana implementasi metode
qirẵ’ẵh reseptif dalam pembelajaran bahasa Arab mẵhẵrẵh qirẵ’ẵh siswa kelas IX di Madrasah
Tsanawiyah Al-Utsmani Kajen Pekalongan. 2) faktor pendukung dan faktor penghambat dari
implementasi metode qirẵ’ẵh reseptif dalam pembelajaran bahasa Arab mẵhẵrẵh qirẵ’ẵh siswa
kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Al -Utsmani Kajen Pekalongan.
Penelitian yang peneliti lakukan ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif
kualitatif. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan metode
observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan analisisnya menggunakan teknik analisis
deskriptif kualitatif. Selain itu, untuk mendukung uraian dari keadaan sebenarnya yang ada
dilapangan, penulis menyertakan dokumentasi sebagai pelengkap dan penguat penelitian.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi metode qirẵ’ẵh reseptif dalam
pembelajaran bahasa Arab mẵhẵrẵh qirẵ’ẵh siswa kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Al-Utsmani
Kajen Pekalongan, meliputi : guru menggunakan metode qirẵ’ẵh reseptif dengan cara guru
memberikan beberapa kosakata terlebih dahulu kemudian menyuruh siswa membuka bab qirẵ’ẵh
dibaca bersama-sama setelah selesai guru menyuruh untuk mendikusikan bacaan yang tadi
kemudian memberikan soal pertanyaan dan menyuruh mereka mengerjakan sebelumnya guru
memberikan cara khusus untuk mengerjakan bagi siswa yang tidak tau artinya. Tujuan metode
qirẵ’ẵh reseptif ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami isi teks bacaan qirẵ’ẵh
melaui soal pertanyaan. Faktor pendukung dalam metode ini adalah sarana dan prasarana yang
mendukung, minat belajar siswa, persiapan guru yang matang sedangkan faktor penghambat
adalah kemampuan siswa yang berbeda, siswa masih lemah dalam mengetahui kosakata.
22SK2222007.00 | SK PBA 22.007 YUS i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain