SKRIPSI PBA
Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Power Point di Masa Pandemi Covid 19 Kelas VII SMP Islam Walisongo Kedungwuni
Pembelajaran bahasa Arab selama pandemi Coid 19 dilaksanakan secara daring.
Oleh karena itu, guru membututhkan media pembelajaran bahasa Arab daring yang
mudah diakses. Salah satu media yang muda diakses adalah media pembelajaran
bahasa Arab berbasis powerpoint. Skripsi ini membahas mengenai pengembangan
pembelajaran yang menggunakan powerpoint yang fokus pada proses perencanaan,
pelaksanaan, pengolahan, serta evaluasi pembelajaran bahasa Arab dengan
powerpoint. Peneliti membatasi proses pengembangan pembelajaran bahasa Arab
pada siswa kelas VII SMP Islam Walisongo Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengembangan media
pembelajaran bahasa Arab berbasis powerpoint di SMP Islam Walisongo
Kedungwuni. (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran bahasa Arab berbasis
powerpoint di SMP Islam Walisongo Kedungwuni.
Penelitian ini menggunakan penelitian R&D (Research and development).
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian lapangan (observasi), dimana
pengematan terhadap fenomena yang diamati didasarkan pada fakta-fakta atau data
yang dikumpulkan dilapangan. Lapangan disini berarti sekolah SMP Islam
Walisongo Kedungwuni. Data dikumpulkan berdasarkan pengamatan secara langsung
di tempat yang menjadi objek penelitian.
Hasil Penelitian: (1) a) Desain: menjadi dua fase yaitu fase mendesain media
power point dengan menggunakan program Microsoft Power Point dan mendesain
materi dengan Google Formulir, b) Implementasi : Guru membuka pembelajaran,
Guru mengulas sedikit materi pertemuan sebelumnya, Guru menjelaskan pokok
kajian pertemuan saat ini, Guru memandu siswa melaksanakan pembelajaran dengan
media powerpoint, Siswa menyimak penjelasa yang ada di dalam power point, Guru
dan siswa diskusi dengan pertanyaan dari siswa, Siswa mengerjakan soal latihan,
Guru memberikan kesimpulan materi, Guru menutup pembelajaran. c) Test : terdapat
sebesar 64% siswa yang mencapai nilai KKM sedangkan siswa yang tidak mencapai
skor KKM sebesar 36%. (2) Produk media pembelajaran kelas VII SMP Islam
Walisongo Kedungwuni. Berdasarkan uji kelayakan tiap variabel memperoleh skor
sebagai berikut : variabel Fungsi Media Pembelajaran pada media pembelajaran
bahasa Arab berbasis powerpoint memiliki skor kriterium 3,36 (Baik), variabel Unsur
Pengembangan Media Pembelajaran memiliki skor kriterium 3,56 (Baik), variabel
Manfaat Media Pembelajaran memiliki skor kriterium 3,14 (Baik), dan variabel
Media Pembelajaran powerPoint memiliki skor kriterium 3,66 (Baik).
22SK2222005.00 | SKP BA 22.005 FAI p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain