SKRIPSI PBA
Efektivitas Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Maharah Kitabah Santri Papua Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Rowolaku Kajen Pekalongan
Hasil belajar yang rendah merupakan bukti bahwa ada faktor yang menjadi
penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran. Hasil belajar merupakan hasil yang
mampu dicapai oleh santrisetelah melaksanakan serangkaian kegiatan belajar maka
dari itu, untuk mencapai hasil belajar yang maksimal diperlukan metode yang
efektiv untuk diterapkan dalam pembelajaran. Pada kenyataannya santri Papua
memiliki hasil belajar yang rendah, dan di pondok pesantren Bustanul Mansuriyah
Rowolaku Kajen Pekalongan diadakan pembelajaran mengunakan metode tutor
sebaya sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar santri Papua.
Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti merumuskan masalah sebagai
berikut: (1) Bagaimana metode tutor sebaya di Pondok Pesantren Bustanul
Mansuriyah Rowolaku Kajen Pekalongan? (2) Bagaimana hasil belajar santri Papua
Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Rowolaku Kajen Pekalongan? (3)
Bagaimana efektivitas metode tutor sebaya terhadap hasil belajar santri Papua
Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Rowolaku Kajen Pekalongan?. Rumusan
masalah memiliki tujuan sebagai berikut: (1) untuk mengetahui bagaimana metode
tutor sebaya di Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Rowolaku Kajen
Pekalongan (2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar santri Papua Pondok
Pesantren Bustanul Mansuriyah Rowolaku Kajen Pekalongan. (3) untuk
mengetahui bagaimana efektivitas metode tutor sebaya terhadap hasil belajar santri
Papua Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah Rowolaku Kajen Pekalongan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian
eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah santri pondok pesantren Bustanul
Mansuriyah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
adalah teknik bertujuan (purposive sampling), dengan sampel berjumlah 17 dengan
rincian 11 santri putri Papua dan 6 santri putra Papua. teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Data penelitian
dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis,
dan analisis akhir (uji hipotesis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan metode
tutor sebaya efektiv dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar santri Papua. hal
tersebut ditunjukkan Pada tabel t diperoleh t hitung negatif yaitu -19,516 pada kelas
kontrol dan -21.970 pada kelas eksperimen dan pada t tabel yaitu 2,086 / -2,086
maka
22SK2222002.00 | SK PBA 22.002 SYI e | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain