SKRIPSI PBA
Implementasi Media Digital Video Animasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di MTs Darunnajat Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes
Latar belakang masalah penelitian ini adalah menurunnya prestasi siswa
dampak menurunnya mutu dan kualitas pendidikan yang dilaksanakan tidak efektif
akibat pembatasan kegiatan belajar secara tatap muka langsung karena adanya
pandemi covid-19. Hal ini tidak hanya terjadi pada mata pelajaran bahasa Arab di
MTs Darunnajat, namun juga pada bidang mata pelajaran lainnya. Mata pelajaran
lainnya tidak begitu merasakan dampak dari pembatasan kegiatan pembelajaran
akibat pandemi covid-19 karena sebelumnya sudah terbiasa melaksanakan kegiatan
pembelajaran menggunakan media berbasis teknologi informasi dan komunikasi,
sehingga guru bisa langsung memanfaatkan media yang sudah dikembangkan untuk
melaksanakan kegiatan secara daring.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana implementasi
media digital video animasi dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Darunnajat
Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes? (2) apa kelebihan dan
kekurangan media digital video animasi dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs
Darunnajat Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes?. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi media digital
video animasi dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Darunnajat Desa Pruwatan
Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes dan untuk mengetahui kelebihan dan
kekurangan media digital video animasi dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs
Darunnajat Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu Kabupaten Brebes.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field Research) dengan model
pendekatan kualitatif. Menggunakan metode pengumpulan data observasi,
wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif kualitatif yaitu prosedur pemecahan masalah yang diteliti dengan
menggambarkan atau melukiskan subyek dan obyek penelitian.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi media digital video
animasi dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Darunnajat dilakukan
menggunakan metode berbasis teknologi informasi dan komunikasi dengan media
digital video animasi. Adapun kelebihan media digital video animasi yaitu guru
dapat melaksanakan tujuan pembelajaran sesuai kurikulum, tidak ada batasan
waktu dan ruang untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, alur materi dapat
disusun dan disampaikan secara lebih terarah dan sistematis, waktu kegiatan
pembelajaran lebih efektif dan efesien, mudah dalam mengontrol arah dan
kecepatan siswa dalam kegiatan belajar, siswa merasa lebih senang, lebih rileks,
lebih berkonsentrasi dan lebih mudah memahami materi pelajaran, dapat
xiii
mengulang materi di rumah. Kekurangannya yaitu hubungan emosional antara guru
dan siswa, peran guru sebagai pembimbing dan fasilitator dalam kegiatan belajar
menurun karena minimnya interaksi langsung, keterbatasan penguasaan TIK guru
membuat implementasi media digital video animasi tidak bisa dilaksanakan secara
maksimal, menurunnya kreatifitas guru MTs Darunnajat dalam menyampaikan
materi pembelajaran, ada kecenderungan siswa tidak memperhatikan hal-hal yang
disampaikan atau diinstruksikan oleh guru secara langsung dan menurunnya
kreatifitas siswa MTs Darunnajat untuk mengeksplore pertanyaan tentang hal yang
berkaitan dengan materi yang diajarkan.
22SK2222001.00 | SK PBA 22.001 RAM i | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain