TESIS PAI
Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan Untuk Meningkatkan Perilaku Keberagaman Peserta Didik SMP N 5 Kota Pekalongan
ABSTRAK
Sri Purwani. 2052114021. 2016. Judul Penelitian: “Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan untuk Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik SMP Negeri 5 Kota Pekalongan”. Tesis Pasca Sarjana Prodi PAI IAIN Pekalongan. Dosen Pembimbing: Drs. Moh. Muslih, M.Pd.,Ph.D dan Dr. H. Ahmad Ubaedi Fathuddin, M.A.
Kata Kunci: Keagamaan, PerilakuKeberagamaan
Berperilaku sesuai agama dalam lingkungan sekolah merupakan upaya untuk menanamkan nilai-nilai ajaran agama kepada peserta didik dengan tujuan untuk dapat memperkokoh keimanan serta menjadi pribadi yang memiliki kesadaran beragama dan berakhlak mulia, karena merupakan rangkaian yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan nasional dan dapat mempengaruhi sikap, sifat, dan tindakan peserta didik secara tidak langsung. Melihat masa sekarang ini banyak peserta didik yang memiliki perilaku keberagamaan kurang baik, maka kegiatan keagamaan penting dilaksanakan sebagai upaya dalam menanamkan kebiasaan dan memberikan latihan keagamaan, sehingga diharapkan lama kelamaan pada peserta didik akan tumbuh rasa senang melakukan ibadah serta memiliki perilaku keberagamaan yang baik. Adanya pembinaan keberagamaan terhadap peserta didik juga perlu dilakukan dalam rangka pendampingan dan pembinaan terhadap peserta didik yang sedang mencari jati dirinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peran guru PAI untuk meningkatkan perilaku keberagamaan peserta didik di SMP Negeri 5 Kota Pekalongan? Bagaimana Pelaksanaan Kegiatan Keagamaan untuk meningkatkan perilaku keberagamaan peserta didik di SMP N 5 Kota Pekalongan.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan sumber-sumber dari data primer dan skunder. Teknikpengumpulandatanyamelaluiwawancara, observasi, dan dokumentasi .Triangulasi dengan sumber dilakukan untuk memeriksa keabsahan dan kevaliditasan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PAI untuk meningkatkan perilaku Keberagamaan peserta didik meliputi berbagai macam bentuk keteladanan yang diharapkan dapat membekas dalam diri peserta didik agar timbul dorongan untuk mencontoh kepribadian dan karakter guru PAI, peran lain dari guru PAI yaitu sebagai evaluator atau membuat nilai pengamatan. Adapun Pelaksanaan kegiatan keagamaan untuk meningkatkan perilaku keberagamaan peserta didik SMP Negeri 5 Kota Pekalongan meliputi membaca surat-surat pendek dan asma’ulhusna sebelum kegiatan belajar mengajar di mulai, melaksanakan sholat sunah Dhuha, melaksanakan sholat Dhuhur berjama’ah, kegiatan kuliah minggu pagi.
ABSTRACT
Sri Purwani. 2052114021. 2016. Research Title: " Implementation of Religious Activity to Improve Behavior of Students Religiosity SMP Negeri 5 Kota Pekalongan ". Post-graduate thesis Prodi PAI IAINPekalongan. Supervisor: Drs. Moh. Musleh, M.Pd., Ph.D and Dr. H. Ahmad UbaediFathuddin, M.A
Keywords: Religiosity -Behavior Religiosity
Behave according to religion in the school environment is an attempt to instill the values of religious teaching to students with the aim to strengthen the faith and become a person who has a religious awareness and noble, because it is a circuit that promote the goals of national education and can influence attitudes, nature and acts indirectly learners. Seeing the present time many learners who have less good religious behavior, the important religious activities carried out as an effort to inculcate the habit and give religious training, so hopefully over time the students will grow a sense of fun to worship and have a good religious behavior. Their religious guidance to learners also need to be done in the framework of assistance and guidance to learners who are searching for their identity. The problem of this research is the role of teachers PAI How to improve the behavior of the diversity of learners in SMP Negeri 5 Kota Pekalongan? How Implementation Religious activities to improve the behavior of religious students at SMP N 5 Pekalongan.
This research is a field with qualitative research approaches. Data collection was done by collecting sources of primary and secondary data. The technique of collecting data through interviews, observation, and documentation.Triangulation with the source to check the validity and validity data.
The results showed that the role of teachers PAI to improve the behavior of Religiosity learners include various forms of exemplary expected to be made an impression on the students that raised the urge to imitate the personality and character of teachers PAI, another role of teachers PAI is as evaluators or create value observations. As for the implementation of religious activities to improve the behavior of the diversity of learners SMP Negeri 5 Kota Pekalongan include read short letters and Beautiful Names and Attributes before teaching and learning activities begin, Dhuhasunnah prayers, prayers Dhuhr in congregation, lecture Sunday morning.
22TS2252002.00 | TS P.PAI 22.002 PUR p | My Library (Lantai 3. Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain