SKRIPSI PAI
Upaya Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII Di Mts Al Hikmah Tangkil Kulon Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan
Kecerdasan emosional perlu dilandasi dalam berhubungan antar manusia. Hal-hal yang berhubungan dengan spiritual dan kecakapan emosi dalam Islam yaitu seperti istiqomah (konsistensi), tawadhu (kerendahan hati), tawakal (berusaha dan berserah diri), keikhlasan (ketulusan), kaffah (totalitas), tawazun (keseimbangan), ihsan (penyempurnaan), integritas, dan sopan santun adalah akhlakul karimah. Dan keterampilan tersebut merupakan tolak ukur kecerdasan emosional. Pengembangan kecerdasan emosional penting dilakukan karena kesuksesan hidup seseorang tidak hanya bergantung pada kecerdasan intelektual saja, akan tetapi ada kecerdasan lain yang lebih menentukan yaitu kecerdasan emosional. Adapun kecerdasan emosi peserta didik di MTs Al Hikmah Tangkil Kulon adalah sebagian peserta didik mempunyai akhlak yang baik, memiliki sikap empati yang cukup tinggi, dapat memotivasi dirinya sendiri dalam hal belajar, lebih sopan dan santun, lebih ramah, serta sudah berhubungan baik dengan teman.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1.) Bagaimana upaya meningkatkan kecerdasan emosional pada pembelajaran akidah akhlak kelas VIII Di MTs Al- Hikmah Tangkil Kulon? 2.) Apa saja faktor pendukung dan penghambat upaya meningkatkan kecerdasan emosional pada pembelajaran akidah akhlak kelas VIII di MTs Al- Hikmah Tangkil Kulon?. Tujuan penelitian ini adalah 1.) Untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan kecerdasan emosional pada pembelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Al- Hikmah Tangkil Kulon; 2.) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam upaya meningkatkan kecerdasan emosional pada pembelajaran akidah akhlak kelas VIII MTs Al- Hikmah Tangkil Kulon.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dikancah atau tempat-tempat terjadinya gejala-gejala yang diselidiki. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Jenis analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif model miles dan huberman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1.) Terdapat lima upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik yaitu penerapan pembelajaran aktif pada mapel akidah akhlak, guru memberikan teladan kepada peserta didik, guru mengenali emosi siswa, mengajari bertanggung jawab dengan memberi hukuman yang mendidik. 2.) Terdapat satu faktor pendukung yaitu sinergitas antara guru dan orang tua siswa. Adapun faktor penghambatnya yaitu terdapat peserta didik yang tidak percaya diri.
21SK2121181.00 | SK PAI 21.181 LAI u | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain