SKRIPSI PAI
Penerapan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan Di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Syarif Hidayatullah Wonopringgo Kabupaten Pekalongan
Pendidikan karakter menjadi salah satu isu penting dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran.Melalui pendidikan diharapkan mampu menciptakan generasi bangsa yang tidak hanya pintar dari segi kognitifnya saja namun juga memiliki kepribadian yang baik dengan karakter yang kuat sehingga dapat mambawa bangsa indonesia menjadi lebih baik dan mampu bersaing dikancah internasional dalam rangka menghadapi era globalisasi.Penanaman sikap pada peserta didik sangatlah penting. Hal ini disebabkan karena banyaknya fenomena yang terjadi pada masa kini seperti kemerosotan moral, pergaulan bebas, dan narkoba yang dapat mengancam.Pembinaan nilai-nilai religius merupakan hal yang penting dilakukan dalam pendidikan Islam, pembinaan tersebut dilakukan dengan pendidikan agama Islam yang diajarkan dalam sekolah formal. Namun dalam pelaksanaanya tidak hanya pemberian materi di dalam kelas, melainkan perlu adanya kegiatan tambahan yaitu kegiatan-kegiatan keagamaan.
Rumusan masalah; (1) Nilai-nilai pendidikan karakter apa saja yang dikembangkan melalui kegiatan keagamaan siswa di Madrasah Tsanawiyah MTS Syarif Hidayatullah Wonopringgo Kabupaten Pekalongan? (2) Bagaimana penerapan pendidikan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Syarif Hidayatullah Wonopringgo Kabupaten Pekalongan?(3) Kendala apa saja yang dialami dan cara mengatasi dalam penerapan pendidikan karakter Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Syarif Hidayatullah Wonopringgo Kabupaten Pekalongan?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode pendekatan penelitian diskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain-lain, secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode ilmiah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Nilai-nilai pendidikan karakter siswa yang dikembangkan di MTs Syarif Hidayatullah Wonopringgo kabupaten Pekalongan yaitu, nilai religius, nilai kejujuran, nilai kedisiplinan, nilai kerja keras, nilai kemandirian,nilai kepedulian terhadap lingkungan,dan juga nilai sosial. Penerapan pendidikan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Syarif Hidayatullah Wonopringgo Kabupaten Pekalongan telah berjalan dengan baik sesuai dengan program yang telah ditentukan.Perencanan,pelaksanaan dan evaluasi dalam penerapan pendidikan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan juga dilakuakan dengan baik dan sistematis. Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan di MTs Syarif Hidayatullah Wonopringgo Kabupaten Pekalongan ialah terbatasnya waktu pelaksanaan kegiatan kegamaan, fasilitas yang kurang memadai, pengawasan kegiatan yang kurang maksimal, dan kurangnya semangat siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan. Cara mengatasi kendala dalam penerapan pendidikan karakter siswa melalui kegiatan keagaman di MTs Syarif Hidayatullah ialah dengan penambahan jam kegiatan di luar kegiatan belajar mengajar, pelaksanaan shalat dhuhur berjamaah di masjid, membuat jadwal shalat dhuha secara bergiliran, pembuatan daftar hadir kegiatan keagamaan, memaksimalkan kerjasama guru dan adanya pendampingan khusus untuk siswa yang kurang tertib.
21SK2121178.00 | SK PAI 21.178 HAS p | My Library (Lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain