SKRIPSI EKOS
Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Depo Kayu Bakar Jaya Desa Kertijayan Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan)
Kepuasan konsumen merupakan respon pelanggan terhadap ketidaksesuaian
antara tingkat kepentingan sebelumnya dan kinerja aktual yang dirasakannya
setelah pemakaian. Kepuasan konsumen didefinisikan dengan sebuah konsep
yang kritis pada pemasaran dan riset konsumen, pada umumnya apabila
konsumen puas atas suatu produk, jasa atau merek, mereka akan lebih suka
melanjutkan pembeliannya dan menceritakan kepada orang lain dari pengalaman
mereka. Karena itulah perlu adanya penerapan etika bisnis Islam dan memberikan
kualitas pelayanan yang baik agar konsumen merasakan suatu kepuasan dan akan
kembali lagi membeli serta menggunakan produk tersebut.
Sampel penelitian ini adalah 34 responden pelanggan Depo Kayu Bakar
Jaya Pekalongan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu sampel jenuh, dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Dengan
menggunakan uji data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Analisis data
menggunakan uji analisis regresi linier berganda.
Secara paesial, Etika bisnis Islam (X1) berpengaruh signifikan dan positif
terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen (Y) pada Depo Kayu Bakar Jaya
Pekalongan sebesar 0,001. Sedangkan Kualitas Pelayanan (X2) berpengaruh
signifikan dan positif terhadap Tingkat Kepuasan Konsumen (Y) pada Depo Kayu
Bakar Jaya Pekalongan sebesar 0,017. Dan secara simultan atau bersama-sama
ada pengaruh antara semua variabel bebas yaitu etika bisnis Islam dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen Depo Kayu Bakar Jaya Pekalongan.
Selanjutnya untuk nilai kofisien determinasi (R2) pada penelitian ini sebesar 0,488 atau 48,8% dan sisanya sebesar 51,2% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang
tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
21SK2141135.00 | SK EKOS 21.135 ABD p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain