SKRIPSI EKOS
Pengaruh Faktor Sosial, Kebudayaan dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Tradisional (Studi Kasus Pasar Minggon Jati, di Kecamatan Batang Kota Batang)
Perilaku pembelian seseorang merupakan hasil interasksi dari semua
faktor kultur, sosial, dan psikologis yang kompleks. Keadaan alamiah yang
menyebabkan faktor tersebut bermanfaat untuk mengidentifikasi dan memahami
konsumen tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan membuktikan
pengaruh faktor sosial, kebudayaan dan psikologis terhadap keputusan pembelian
makanan tradisional di Pasar Minggon Jati Kecamatan Batang Kota Batang.
Jenis Penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kuantitatif.
Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Penelitian ini
dilakukan menggunakan kuesioner sebanyak 100 orang dengan teknik sampel
accidental sampling. Metode analisis data menggunakan uji instrumen, uji asumsi
klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien determinasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel sosial (X1) berpengaruh
positif dengan thitung lebih besar dari ttabel 3,599 > 1,984. Variabel kebudayaan
(X2) berpengaruh positif dengan thitung lebih besar dari ttabel 2,196 > 1,984.
Sedangkan variabel psikologis (X3) juga berpengaruh positif dengan nilai thitung
lebih besar dari ttabel 2,664 > 1,984. Pada uji F (simultan) menunjukkan bahwa
variabel sosial, kebudayaan dan psikologis berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian makanan tradisional dengan nilai fhitung 17,801 > ftabel 2,70
dan nilai signifikansi 0,000. Nilai Koefisien determinasi R2 sebesar 0,337. Hal ini
dapat dijelaskan, bahwa sekitar 33,7% keputusan pembelian makanan tradisional
dijelaskan oleh variabel faktor sosial (X1), kebudayaan (X2) dan psikologis (X3)
sedangkan sisanya 66,3 % dipengaruhi oleh variabel lain.
21SK2141134.00 | SK EKOS 21.134 WID p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain