SKRIPSI EKOS
Pengaruh Promosi, Lokasi, Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Kain Jeans (Studi Kasus Romantex Ulujami Pemalang)
Sejalan dengan perkembangan era globalisasi, dunia bisnis terus berkembang pesat, hal ini ditandai dengan semakin tingginya tingkat persaingan di dunia bisnis dalam memasarkan produk maupun jasa kepada konsumen. Dalam rangka memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, para pelaku bisnis berlomba-lomba dalam memasarkan produk yang mereka tawarkan. Memenangkan persaingan perusahaan untuk menguasai pasar harus mengimplementasikan strategi pemasaran yang tepat. Dalam menarik minat beli konsumen dapat menerapkan beberapa strategi marketing mix. Banyaknya permintaan akan kain jeans membuat persaingan pun terjadi pada toko-toko kain yang umumnya menjual produk yang sejenis bahkan dengan merek yang sama. Akibatnya terjadi persaingan harga yang kompetitif antar toko. Dalam kondisi persaingan yang ketat, hal utama yang harus diprioritaskan adalah kepuasan pelanggan yang dimana pada akhirnya akan menarik minat pelanggan untuk membeli ulang suatu produk sehingga sebuah usaha dapat bertahan, bersaing, dan menguasai pangsa pasar.
Jenis penelitian adalah penelitian korelasi dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan yang membeli kain jeans di toko Romantex Ulujami Pemalang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Penetapan jumlah sampel menurut Rosco yaitu 100 responden. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer dengan penyebaran kuesioner kepada responden, dan data sekunder diperoleh dari arsip atau dokumentasi toko Romantex, buku-buku dan informasi lain yang berhubungan dengan penelitian. Analisis data untuk mengukur setiap instrumen pertanyaan dengan uji validitas dan reliabilitas. Dan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif promosi terhadap minat beli dengan signifikansi 0,028 dan thitung 2,228 > ttabel 1,661. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan lokasi terhadap minat beli dengan signifikansi 0,047 dan thitung 2,014 > ttabel 1,661. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan persepsi harga terhadap minat beli dengan signifikansi 0,004 dan thitung 2,926 > ttabel 1,661. 4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kualitas produk terhadap minat beli dengan signifikansi 0,000 dan thitung 3,811 > ttabel 1,661. 5) Variabel promosi, lokasi, persepsi harga, dan kualitas produk secara simultan mempengaruhi minat beli kain jeans pada toko Romantex Ulujami Pemalang dengan Fhitung 22,048 > Ftabel 2,47. Dan koefisien determinasi (R2) penelitian ini sebesar 0,460 atau 46% dan sisanya 54% di pengaruhi variabel lainnya.
21SK2141112.00 | SK EKOS 21.112 DAM p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain