SKRIPSI EKOS
Pengaruh Pelayanan Prima, Kehalalan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus di Rumah Makan Kampung Jawa Pawon Simbah Kabupaten Batang)
Persaingan sangat ketat dalam dunia bisnis di era globlalisasi saat ini. Agar
mampu bersaing dalam pasar, maka setiap perusahaan dituntut untuk memaksimalkan
kinerjanya. Kebutuhan dan keinginan konsumen harus mampu dipahami oleh
perusahaan. Oleh karena itu, agar dapat bertahan dalam persaingan bisnis maka harus
dirancang strategi yang sangat kuat oleh perusahaan guna mewujudkan kepuasan
konsumen. Usaha dalam bidang kuliner, kepuasan konsumen akan memberikan
manfaat sangat besar bagi perusahaannya. Konsumen akan melakukan pembelian
ulang terhadap barang atau jasa yang mereka gunakan jika perusahaan
mempertahankan dan memberikan kepuasan kepada konsumen. Dengan rumusan
masalah yang ada penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh pelayanan
prima, kehalalan dan kualitas makanan terhadap kepuasan konsumen.
Penelitian ini merupakan field research dengan pendekatan kuantitatif.
Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi konsumen RM
Kampung Jawa Pawon Simbah yang berjumlah tak terhingga. Jumlah sampel 96
orang diambil dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random
sampling. Teknik analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil uji t hitung 3,346 > t tabel 1,98667, hasil ini menunjukkan bahwa
variabel pelayanan prima berpengaruh positif secara signifikan terhadap kepuasan
konsumen. Hasil uji t variabel kehalalan t hitung 0,768 < t tabel 1,98667, hasil ini
menunjukkan kehalalan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan
konsumen. Hasil uji t kualitas makanan t hitung 7,403 > t tabel 1,98667, hasil ini
menunjukkan kualitas makanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan
konsumen. Hasil uji F hitung dilihat F hitung 87,069> F tabel 2,70 dan nilai sig 0,004
< 0,05 maka secara simultan variabel independen yaitu Pelayanan Prima (X1),
Kehalalan (X2) dan Kualitas Makanan (X3) berpengaruh signifikan terhadap variabel
dependen yaitu Kepuasan Konsumen. Variabelpelayanan prima,kehalalan dan
kualitas makanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen sebesar 73,1% dan sisanya 26,9% dipengaruhi variabel lain diluar
penelitian.
21SK2141041.00 | SK EKOS 21.041 SOF p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain