SKRIPSI EKOS
Pengaruh Promosi, Reputasi dan Prosedur Terhadap Minat Nasabah UMKM Pada Pembiayaan Ijarah Muntahiyyah Bittamlik di KJKS BMT Ankasa Kedungwuni Kabupaten Pekalongan Tahun 2018
Di Indonesia, Usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah (UMKM)
merupakan salah satu sektor usaha yang menjadi tulang punggung perekonomian
daerah maupun perekonomian nasional dimasa yang akan datang. Perkembangan
dan pengajuan UMKM sangat ditentukan oleh stakeholder UMKM itu sendiri,
tetapi dukungan dari pihak eksternal berperan penting karena adanya keterbatasan
kapasitas kemampuan dan faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap eksistensi
dan keberlangsungan usahanya. UMKM untuk mengembangkan dan
menumbuhkan bisnisnya yaitu berasal dari tidak adanya modal yang memadai. Hal
ini dikarenakan UMKM memerlukan pendanaan modal yang dapat diperoleh dari
pembiayaan pada bank atau lembaga keuangan bukan bank.
Seiring dengan meningkatnya jumlah UMKM di Pekalongan, sebuah
koperasi harus mampu memiliki kredibilitas yang baik agar mampu bersaing,
merencanakan strategi komunikasi pemasaran (promosi) yang mampu
meningkatkan nilai nasabah serta prosedur yang mudah dipahami oleh kalangan
UMKM dan mencapai keberhasilan. Penelitian ini merupakan correlation research
dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Populasi nasabah UMKM pembiayaan Ijarah Muntahiyyah Bittamlik 67 nasabah,
Jumlah sampel 40 nasabah diambil dengan menggunakan Teknik Purposive
Sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil uji variabel promosi t hitung 0,385 < t tabel 2,02809, hasil ini
menunjukkan bahwa variable promosi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap
minat nasabah. Hasil uji t variable reputasi t hitung 2,694 > t tabel 2,02809, hasil
ini menunjukkan reputasi berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah.
Hasil uji t prosedur t hitung 2,907 > t tabel 1,98397, hasil ini menunjukkan prosedur
berpengaruh secara signifikan terhadap minat nasabah. Hasil uji F hitung dilihat F
hitung 7,933 > F tabel 2,87 dan nilai sig 0,000 < 0,05 dan maka secara simultan
variable independen yaitu Promosi (X1), Reputasi (X2) dan Prosedur (X3)
berpengaruh signifikan terhadap variable dependen yaitu Minat Nasabah. Variabel
Promosi, Reputasi Dan Prosedur secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
Minat Nasabah sebesar 50,7%, dan sisanya 49,3% dipengaruhi variabel lain diluar
penelitian.
21SK2141107.00 | SK EKOS 21.107 ROS p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain