SKRIPSI EKOS
Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Layanan Pembayaran Digital OVO
Perkembangan tekonogi yang pesat membawa masyarakat ke era
digitalisasi dimana penggunaan uang konvensional berkurang dan perlahan beralih
ke pembayaran non-tunai melalui layanan pembayaran digital. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui tentang persepsi manfaat, persepsi kemudahan
penggunaan dan kepercayaan terhadap minat penggunaan layanan pembayaran
digital OVO. Objek penelitian ini adalah mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan yang
menggunakan aplikasi OVO.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Asosiatif dengan pendekatan
kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
accidental sampling dengan sampel berjumlah 100 responden. Responden dalam
penelitian ini yaitu mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan pengguna OVO. Teknik
analisis data menggunakan Analisis Regresi Berganda.
Berdasarkan uji T diperoleh ttabel (1,984). Adapun variabel yang
berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan layanan pembayaran digital
OVO adalah variabel persepsi manfaat dengan thitung 2,082, variabel persepsi
kemudahan penggunaan dengan thitung 3,139 dan variabel kepercayaan dengan thitung
3,660. Melalui uji F, menunjukkan secara simultan ketiga variabel independen
berpengaruh secara signifikan terhadap minat penggunaan dengan Fhitung 33,362 >
Ftabel 2,70. Berdasarkan uji koefisien determinasi, diketahui Adjusted R Square
sebesar 0,495.
21SK2141068.00 | SK EKOS 21.068 HAN p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain