SKRIPSI EKOS
Pengaruh Diskon, Life Style dan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan Pada Online Shopee
Dengan semakin berkembanya online shop di indonesia, yang menawarkan
fitur-fitur menarik menjadikan masyarakat semakin lebih mudah dalam memenuhi
kebutuhannaya. Perlahan-lahan mulai mengubah gaya hidup dan perilaku konsumsi
masyarakat. Dalam berbelanja online, seorang muslim harus memperhatikan
bagaimana pemanfaatan produk yang dibeli, bukan hanya sebagai pemuas
kebutuhan dan keinginan saja. Shopee adalah satu dari banyak pihak yang
memanfaatkan peluang bisnis e-commerce dengan segmen mobilemarketplace
melalui aplikasi mobile untuk mempermudah transaksi jual beli melalui perangkat
ponsel. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya
pengaruh diskon, lifestyle, dan literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif
mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan pada online shopee.
Jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan lapangan dengan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa IAIN
Pekalongan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan pengguna
aplikasi Shopee. Sampling yang digunakan adalah Non Probability Sampling,
dengan teknik Purposive Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 100 responden.
Sumber data berupa data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier
berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukan: (1) Diskon tidak berpengaruh secara
parsial terhadap perilaku konsumtif mahsiswa FEBI IAIN Pekalongan pada online
shopee dengan nilai signifikan 0,611 > 0,05, (2) lifestyle berpengaruh positif
signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan pada
online shopee dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05, (3) literasi ekonomi positif
signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI IAIN Pekalongan pada
online shopee dengan nilai signifikan 0,015 F-tabel
2,70. (5) Nilai adjusted R2 sebesar 60,6%, yang berarti diskon, lifestyle dan literasi
ekonomi memiliki pengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa FEBI IAIN
Pekalongan pada online shopee, sedangkan sisanya 39,8% dijelaskan oleh variabel-
variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.
21SK2141067.00 | SK EKOS 21.067 KHI p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain