SKRIPSI EKOS
Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami, Kepercayaan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap (Studi Kasus di Rumah Sakit Islam PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan)
Rumah sakit adalah perusahaan jasa yang menawarkan pelayanan dalam
bidang kesehatan. Rumah sakit yang awalnya adalah lembaga yang berfungsi
sosial, akan tetapi seiring berjalannya waktu karena semakin banyak rumah sakit
swasta menjadikan rumah sakit lebih mengacu sebagai industri yang bergerak
dalam pelayanan kesehatan dengan melakukan pengelolaan yang berdasar pada
manajemen badan usaha. Masalah kesehatan merupakan hal penting yang ada
dikehidupan masyarakat, hal tersebut membuat penyedia layanan jasa seperti
rumah sakit semakin gencar pula dalam meningkatkan kualitas pelayanan demi
memenuhi kepuasan pasien. Faktor lain yang juga menunjang kepuasan pasien
adalah kepercayaan dan fasilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan islami, kepercayaan dan fasilitas terhadap kepuasa
pasien rawat inap di RSI PKU Muhammadiyah Pekajangan Pekalongan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan
pendekatan kuantitatif dan menggunakan data primer. Teknik pengambilan
sampel adalah Simple Random Sampling dan menggunakan 97 responden. Dalam
penelitian ini terdapat empat variabel yaitu Kualitas Pelayaanan Islami (X1),
Kepercayaan (X2), Fasilitas (X3) dan Kepuasan Pasien (Y). Uji statistik yang
digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasiknya.
Hasil penelitan menunjukkan bahwa berdasarkan uji t (parsial) variabel
Kualitas Pelayanan Islami (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Kepuasan Pasien, hal ini ditunjukkan dari t hitung sebesar 6,182 > t tabel 1,98525
dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Untuk variabel Kepercayaan (X2) tidak
berpengaruh secara signifikan, hal ini ditunjukkan dari nilai t hitung 0,903 < t
tabel 1,98525 dengan signifikansi 0,369 > 0,05. Variabel Fasilitas (X3) juga tidak
berpengaruh secara signifikan, hal ini ditunjukkan dari nilai t hitung 1,019 <
1,98525 dengan signifikansi 0,311. Akan tetapi variabel Kualitas Pelayanan
Islami, Kepercayaan dan Fasilitas secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasan
Pasien dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,306 atau 30,6%, sedangkan
sisanya 69,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak masuk dalam variabel
independen dalam penelitian ini.
21SK2141059.00 | SK EKOS 21.059 FIT p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain