SKRIPSI EKOS
Pengaruh Variasi Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dengan Word Of Mouth Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus Konsumen Toko Umi Collection Comal Kabupaten Pemalang
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah ada atau tidak pengaruh
dari variabel variasi produk (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) melalui word
of mouth (X3) sebagai variabel moderating. Dan pengaruh dari variabel harga (X2)
terhadap keputusan pembelian (Y) melalui word of mouth (X3) sebagai variabel
moderating.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik non
probability sampling, jenisnya yaitu Accidental Sampling dengan jumlah sampel
sebanyak 97 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang
dinilai dengan skala likert 1-5 dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode
yang digunakan yaitu analisis regresi berganda dan MRA (Moderating Regression
Analysis). Berdasarkan analisis regresi pada tarif signifikansi 5% menunjukkan bahwa
(1) Secara parsial variabel variasi produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian (Y) dengan nilai t hitung sebesar 16,906 > t tabel
1,199. (2) Variabel harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian (Y) dengan nilai t hitung sebesar 3,033 > t tabel 1,199. (3)
variabel word of mouth (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian (Y) dengan nilai t hitung sebesar 2,536 > t tabel 1,199. (4) Secara
simultan variabel variasi produk (X1), harga (X2) dan word of mouth (X3)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), ini
dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 132,877 > F tabel 2,70. (5) Berdasarkan
uji MRA pada variabel moderat_1 (variasi produk*word of mouth) menyatakan
bahwa nilai koefisiensi sebesar 2,185 dengan tingkat signifikansi 0,031 < 0,05,
sehingga dapat disimpulkan bahwa word of mouth merupakan variabel moderating
dalam hubungan dalam persamaan ini. (6) variabel moderat_2 (harga*word of
mouth) menyatakan bahwa nilai koefisien parameternya sebesar 0,619 dengan
tingkat signifikansi sebesar 0,538 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel
moderat_2 bukan merupakan variabel moderating dalam persamaan ini.
21SK2141052.00 | SK EKOS 21.052 HID p | My Library (lantai 3, Local Content) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain